1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Ketahui Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Penulis : Kris Santi Handayani

27 Desember 2018 10:53

Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Planet Merdeka - Persalinan menjadi momen yang ditunggu-tunggu namun juga menakutkan. Persalinan menjadi proses yang panjang. Sebelum persalinan, seorang wanita akan mengalami tanda-tanda kehamilan. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan maka penting untuk mengetahui tanda melahirkan. Tanda-tanda melahirkan itu sendiri biasanya terjadi selama beberapa minggu atau beberapa hari sebelum melahirkan. Hanya saja tidak semua wanita akan mengalami tanda-tanda yang sama. Nah, untuk mengetahui tanda melahirkan sudah dekat, anda bisa simak di bawah ini.

Kontraksi

Tanda melahirkan sudah dekat yaitu ibu hamil akan mengalami kontraksi. Namun, penting bagi ibu hamil untuk memahami kontraksi palsu dan asli agar tidak keliru. Kontraksi palsu akan muncul sejak kehamilan memasuki usia trimester tiga. Hanya saja, ketika waktu melahirkan sudah semakin dekat, anda akan sering merasakan kontraksi baik kontraksi asli ataupun palsu. Kontraksi palsu tidak sekuat seperti kontraksi asli. Kontraksi palsu biasanya akan terjadi 30 sampai 120 detik. Berbeda halnya dengan kontraksi asli, kontraksi palsu akan hilang ketika anda merasa lebih rileks atau berpindah posisi. Kontraksi palsu biasanya akan terasa di area perut atau panggul. Sedangkan kontraksi asli terasa di bawah punggung kemudian ke bagian depan perut. Nah, ketika anda mengalami kontraksi maka penting untuk mengkonsultasikannya pada dokter.

Muncul Rasa Nyeri dan Sakit

Ketika waktu persalinan semakin dekat anda akan merasakan sakit atau nyeri di area punggung, sakit perut dan kram seperti anda sedang masa pramenstruasi.

Sulit Tidur

Ketika waktu melahirkan sudah dekat anda akan merasakan gelisah dan tidur malam menjadi terganggu. Untuk mengganti waktu tidur malam hari, anda bisa beristirahat atau tidur saat siang hari. Pasalnya, anda membutuhkan tenaga untuk proses persalinan nanti.

Air Ketuban Pecah

Pecahnya air ketuban menjadi tanda melahirkan yang umum diketahui banyak orang. Biasanya kebanyakan wanita merasakan kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketubah pecah. Namun, pada beberapa wanita diawali dengan ketuban pecah. Jika kondisi ini terjadi maka waktu melahirkan sudah dekat. Namun, akan bahaya jika ketuban sudah pecah namun anda tidak juga mengalami kontraksi.

Keluar Lendir Bercampur Darah

Selama masa kehamilan, lendir akan menutupi serviks. Namun, saat waktu melahirkan semakin dekat, serviks akan membesar, membuat jalan supaya lendir dapat keluar dari vagina. Warnanya bisa merah muda, bening atau ada sedikit darah. Hanya saja, lendir yang bercampur darah tidak selamanya sebagai tanda melahirkan. Lendir seperti ini bisa juga keluar jika anda melakukan hubungan suami istri saat hamil.

Meningkatnya Frekuensi Buang Air Kecil

Sebelum persalinan, bayi akan turun ke rongga panggul sehingga akan membuat kandung kemih tertekan oleh rahim. Kondisi ini akan membuat frekuensi buang air kecil anda meningkat dari biasanya.

Perubahan Pada Serviks

Jaringan serviks akan menjadi elastis. Apabila sebelumnya anda sudah pernah melahirkan, serviks akan menjadi lebih mudah terbuka sekitar 1 sampai 2 cm sebelum dimulainya proses persalinan. Namun, jika anda baru pertamakali, pembukaan serviks sebesar 1 cm tidak menjadi jaminan jika anda akan melahirkan segera.

Ketika anda sudah mengalami pecah ketuban atau mengalami tanda-tanda di atas, anda dapat bergegas ke tempat bersalin. Pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan, baik perlengkapan ibu atau bayi sudah disiapkan agar anda lebih tenang. Itulah beberapa tanda melahirkan sudah dekat.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : kris-santi-handayani

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam