1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Khasiat Madu untuk Sakit Tipes pada Anak dan Dewasa

Penulis : Nadia Indah

12 Juli 2019 09:21

khasiat dan manfaat madu untuk sakit tipes

Apa saja manfaat dan khasiat madu untuk sakit tipes pada anak dan dewasa?

Madu telah digunakan oleh manusia sejak zaman kuno, hampir 5500 tahun yang lalu. Sebagian besar penduduk kuno, termasuk orang Yunani, Orang Cina, Mesir, Romawi, Maya, dan Babilonia, mengkonsumsi madu baik untuk tujuan nutrisi maupun untuk khasiat pengobatannya.

Bukti menunjukkan bahwa madu dapat memberikan beberapa efek yang bermanfaat bagi kesehatan termasuk antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, antidiabetik, pernapasan, saluran pencernaan, kardiovaskular, dan sistem saraf efek perlindungan.

Sakit tipes ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri ini.

Nah, antibakteri dalam madu dapat membantu mengatasi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab sakit tipes ini. Sehingga dapat mencegah sakit tipes semakin parah.

Komposisi utama madu adalah karbohidrat yang berkontribusi 95-97% dari berat keringnya. Selain itu, madu termasuk senyawa utama, seperti protein, vitamin, asam amino, mineral, dan asam organik .

Madu juga telah dibuktikan memberikan efek antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antiproliferatif, antikanker, dan antimetastatik.

Kemampuan madu untuk sifat antioksidan dapat dilihat dari kecerahan madu. Oleh karena itu, madu yang lebih gelap memiliki nilai antioksidan yang lebih tinggi.

Jadi, saat mengalami gejala tipes atau bahkan penyakit tipes yang belum kunjung sembuh, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi madu sebagai suplemen kekebalan tubuh agar tubuh kuat untuk mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab sakit tipes.

Baca selengkapnya

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : nadia-indah

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam