1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Manfaat dan Filosofi Urap Sayur

Penulis : Iswan

21 Juni 2021 12:31

Manfaat dan Filosofi Urap Sayur

Planet Merdeka - Urap sayur, merupakan salah satu panganan yang sangat familiar di sebagian besar warga Indonesia. Beberapa hari yang lalu ketika penulis menghadiri acara syukuran salah satu sahabat di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, dimana dalam acara tersebut disuguhkan berbagai macam panganan yang menggungah selera. Nah, diantara sekian banyak panganan tersebut terdapat satu panganan yang menarik perhatian penulis, yaitu urap sayur.

Urap sayur, panganan ini terbuat dari bahan-bahan seperti kacang panjang, tauge, bayam, wortel, kol, daun singkong muda, mentimum, parutan kelapa muda, cabe rawit, cabe merah, cabe hijau, kencur, jahe, bawang putih, bawang merah, gula, garam dam bahan-bahan lainnya.

Proses pembuatan urap sayur juga terbilang cukup sederhana, kita hanya perlu merebus semua bahan sayuran tersebut (kecuali bahan bumbu) sebentar untuk kemudian diangkat dan ditiriskan. Bahan sayuran yang telah ditiriskan tersebut selanjutnya dicampurkan dan diaduk hingga merata dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya. Dalam waktu yang singkat, maka urap sayur yang nikmat sudah siap dihidangkan.

Biasanya, urap sayur dapat dimakan secara langsung seperti salad, namun banyak juga orang yang mengkonsumsi urab sayur dengan nasi hangat, semua tergantung selera ya sobat.

Karena terbuat dari sayur mayur, maka urap sayur ini memiliki kandungan yang cukup lengkap seperti vitamin, mineral dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam urap sayur anara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, zink, fosfor, kalium dan asam folat yang befungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi serta dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit.

Kandungan serat alami dalam urap sayur berperan dalam mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, penyakit jantung dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat di dalam urap sayur dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Karena kaya akan serat, maka mengkonsumsi urap sayur dapat membuat kita lebih kenyang dan makan secara tidak berlebihan, sehingga kita dapat mengontrol kadar gula darah, melancarkan sistem penceraan dan menurunkan potensi obesitas. Yuk, kita simak beberapa manfaat dari mengkonsumsi urap sayur ini.

1.       Menjaga Kesehatan Tubuh dari Berbagai Macam Penyakit

Dengan mengkonsumsi urap sayur, maka akan melancarkan pencernaan sehingga dapat menghindari terjadinya potensi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker ataupun diabetes. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dari urap sayur dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi penglihatan.

 
2.       Meningkatkan Metabolisme Tubuh dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan nutrisi berupa vitamin B di dalam sayuran hijau dapat berfungsi meningkatkan aktivitas metabolisme. Sementara itu kandungan serat yang tinggi dalam urap sayur dapat menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan gerakan usus dalam memecah makanan menjadi nutrisi melalui pencernaan untuk membangkitkan energi, pertumbuhan dan perbaikan sel yang rusak.


3.       Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat karena sulit disembuhkan dan dapat berpotensi menyebabkan kematian. kandungan Vitamin A dan vitamin C yang terdapat pada urap sayur berfungsi membantu tubuh dalam menghambat dan melawan sel kanker yang ada pada tubuh.
 

4.       Menurunkan Kolesterol Jahat dan Resiko Penyakit Serangan Jantung

Dengan meningkatkan konsumsi sayuran hijau yang kaya akan vitamin C, maka secara tidak langsung dapat menurunkan kadar kolesterol yang menumpuk di dinding arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Penebalan pembuluh darah arteri adalah salah satu penyebab utama dari serangan jantung.
 

5.       Membantu Menyehatkan Tulang

Kandungan mineral berupa zat besi yang terkandung di dalam salah satu bahan urap sayur, yaitu bayam. Zat besi berfungsi membantu dalam menguatkan tulang di dalam tubuh.
 

6.       Meningkatkan Fungsi Otak

Bahan dasar urap sayur merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan asam folat. Asam folat dapat berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan.


7.       Bermanfaat Untuk Ibu Melahirkan

Kandungan vitamin A pada urap sayur dapat mencegah komplikasi pada ibu setelah masa persalinan. Selain itu, vitamin A pada urap juga mampu mencegah ibu hamil terserang penyakit anemia saat melahirkan. Vitamin A yang terdapat pada urap juga mampu memulihkan rahim setelah masa persalinan dan mengembalikan daya tahan tubuh menghilangkan stress.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari mengkonsumsi urap sayur, selanjutnya kita kupas tentang filosofi dari urap sayur. Penasaran? Yuk kita kita kupas sekelumit filosofi yang terkandung didalamnya.

Citarasa urap beranekaragam seperti gurih, segar, asam/kecut, asin, hambar, pahit dan lain sebagainya secara tidak langsung menggambarkan tentang potret kehidupan. Dalam mengarungi kehidupan tentunya kita tidak akan lepas dari dinamika yang terjadi, baik yang terasa manis, hambar atau pahit sekalipun, sehingga menuntut kita untuk selalu bijak dalam menyikapi kehidupan yang tengah kita jalani.

Coba kita lihat ke sekeliling lingkungan tempat tinggal kita ataupun lingkungan dimana kita bekerja, sudah barang tentu bukan kalau kita akan menemukan beragam karakter, sifat maupun sikap dari orang-orang yang kita jumpai ataupun berinteraksi dengan kita. Dari interaksi tersebut tentunya akan kita jumpai berbagai kesan, baik yang menyenangkan (manis, segar, gurih) namun tak jarang kita temui pula sikap yang acuh tak acuh, masam ataupun sifat-sifat yang lain yang terkadang membuat kita gemas bahkan menguji kesabaran kita.

Nah, dari urap sayur inilah kita dapat mengambil pelajaran hidup, bahwa perbedaan karakter, sifat maupun sikap tersebut merupakan dinamika kehidupan yang tidak mungkin dapat kita hindari. Keberagaman tersebut tentunya dapat kita sikapi dengan bijak agar segala perbedaan yang ada menjadi satu kesatuan utuh yang dapat memberikan warna dalam kehidupan yang tengah kita jalani.

Karena sesungguhnya bukan tentang bagaimana kita bereaksi terhadap suatu persoalan/masalah, melainkan bagaimana cara kita dalam merespon setiap persoalan/masalah yang kita hadapi.

Sobat, demikianlah sedikit tentang manfaat dan filosofi dari urap yang dapat penulis sampaikan. Semoga beranfaat.

Terima kasih,

Penulis 
(Iswan)


  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : iswan

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya