1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Mengenal Gejala Virus Corona yang Mewabah di Asia, Diduga Berasal dari Ular Kobra

Penulis : imron

23 Januari 2020 12:25

Kemungkinan ular jadi sumber mula virus corona ini.

Planet Merdeka - Virus corona jenis baru dilaporkan sudah menimbulkan lebih dari 500 kasus yang terkonfirmasi dan 17 orang di antaranya meninggal dunia.

Transportasi ke Kota Wuhan di China tempat pertama kali virus corona ini terdeteksi kini dibatasi dalam upaya menghambat penyebaran.

Terkait hal tersebut peneliti dalam jurnal Medical Virology melaporkan kemungkinan ular jadi sumber mula virus corona ini. Spesifiknya jenis ular kobra (Naja atra) dan krait (Bungarus multicinctus).

2 dari 6 halaman

Penjelasan cara virus dapat berpindah dari ular ke manusia.

Peneliti mengetahuinya dengan memeriksa protein pada virus yang mengenali sel inang. Ini merupakan petunjuk penting karena dapat menjelaskan bagaimana virus dapat berpindah dari ular ke manusia.

Ular kobra dan krait adalah dua jenis ular berbisa yang banyak dijual di pasar hewan kota Wuhan. Kedua jenis ular ini kadang dijual untuk dikonsumsi.

Saat ini peneliti masih berusaha mengonfirmasi temuan dengan mencari sampel ular yang membawa virus.

Setidaknya wabah virus corona atau Coronavirus baru di Wuhan, Cina telah menewaskan sembilan orang dan membuat lebih dari 440 orang terjangkit, dan virus mematikan ini telah menyebar ke beberapa negara lain, seperti Hong Kong, Taiwan, Thailand, Korea Selatan dan juga Jepang.

Kasus pertama di luar Asia diumumkan pada hari Selasa (21 januari 2020) lalu, ketika pejabat kesehatan federal mengkonfirmasi bahwa seorang lelaki dari negara Washington yang baru-baru ini bepergian ke China telah dirawat di rumah sakit.

3 dari 6 halaman

Apa itu Coronavirus?

Dikutip dari laman situskartini.com, Kelompok besar virus yang menyebabkan penyakit seperti pilek dan infeksi saluran pencernaan, dan penyakit yang lebih baru termasuk SARS (sindrom pernafasan akut akut) dan MERS (sindrom pernapasan Timur Tengah).

Jenis Virus ini dapat menginfeksi hewan dan manusia, dan menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan, mulai dari flu biasa hingga kondisi parah seperti SARS, yang membuat ribuan orang jatuh sakit di seluruh dunia – dan menewaskan hampir 800 orang sejak wabah mematikan tersebut menyebar di tahun 2003 silam.

4 dari 6 halaman

Darimana Sumber Coronavirus Berasal?

Hewan adalah sumber utama wabah yang paling mungkin, tetapi tidak jelas hewan apa dan yang mana. Wabah penyakit serupa termasuk SARS, juga diyakini telah muncul dari pasar hewan hidup. Virus korona lain, MERS, ditransmisikan atau ditularkan ke manusia oleh unta.
5 dari 6 halaman

Bagaimana Gejala Coronavirus ini?

Gejala infeksi yang ditimbulkan oleh Virus Koroa atau Coronavirus jenis baru ini termasuk demam tinggi, kesulitan bernapas dan kerusakan pada paru-paru. Kasus yang lebih ringan mungkin menyerupai flu atau pilek, membuat pendeteksian menjadi sangat sulit.
6 dari 6 halaman

Cara mencegah terhindar dari Virus mematikan Coronavirus ini?

Dikutip dari berbagai sumber, langkah utama untuk terhindar dari virus mematikan ini adalah dengan tidak mengunjungi pusat menyebarnya wabah virus tersebut, yaitu di Wuhan, China.

Selain itu, Hal mudah yang kamu bisa lakukan untuk mencegah atau melindungi diri dari Coronavirus adalah dengan mengenakan Masker saat keluar Rumah, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan jaga kebersihan badan serta lingkungan.

Tetap waspada, terutama jika kamu mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, egera mencari pertolongan ke klinik atau Rumah sakit terdekat.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : imron

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya