1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Obat Melancarkan Haid Herbal

Penulis : Irgi Ramadhan

20 Agustus 2019 09:06

Obat Melancarkan Haid Herbal

Obat Melancarkan Haid Herbal - Haid atau biasa disebut Menstruasi adalah proses alami seorang perempuan (deskuamasi), Menstruasi juga diartikan peluruhan lapisan jaringan yang terdapat dalam uterus (endometrium) yang keluar dengan darah. Haid biasa terjadi setiap bulan pada masa reproduksi, yang mulai terjadi saat anda mengalami pubertas (menarche) dan akan berhenti ketika menopause kecuali anda dalam kehamilan. Bagi perempuan, masa puber adalah tanda dimana alat reproduksi perempuan usia muda mulai aktif.

Pada masa puber, peristiwa yang harus diperhatikan adalah adolensi yang diartikan gejala Haid atau Menstruasi. Yang menandakan bahwa seorang anak gadis secara biologis telah mengalami kematangan seksual. Peristiwa Haid/Menstruasi ini biasanya terjadi melalui tanda-tanda seperti disebabkan oleh reaksi biologis, disebabkan kematangan hormon yang diiringi dengan reaksi psikis, bisa juga disebabkan oleh proses somatis yang berlangsung secara cylic dan pengulangan secara periodik. Proses Haid/Menstruasi diatas biasanya terjadi secara normal, apabila iklim psikis lingkungannya dan batiniah si gadis normal dan tenang.

Usia normal bagi seorang wanita mendapatkan Haid/Menstruasi untuk pertama kalinya adalah pada usia 12 atau 13 tahun. Tetapi ada juga yang mengalaminya lebih awal, yaitu pada usia 8 tahun atau lebih lambat yaitu usia 18 tahun. Setelah mengalami Haid, biasanya akan terlihat perubahan fisik seorang wanita seperti pada bagian pinggul dan payudaranya. Haid akan berhenti dengan sendirinya pada saat wanita sudah berusia 40-50 tahun, yang dikenal dengan istilah Menopause.

Proses Haid (Menstruasi)

Pada dasarnya, Haid atau Menstruasi adalah kondisi dimana seorang wanita mengeluarkan darah dari vaginanya. Kondisi yang berlangsung secara reguler (rutin) setiap bulannya ini, berawal ketika rahim yang telah matang menyiapkan diri untuk bertemu dengan sel telur (ovum) yang telah dibuahi.

Proses terjadinya Haid/Menstruasi melibatkan berbagai komponen yang bekerja sinegris. Organ-organ yang terlibat antara lain otak, alat genetalia, cortex ardenal, gandula thyroidea serta sistem-sistem lainnya yang terkait.

Berikut ini proses Haid atau Menstruasi secara lengkap:

1. Lapisan sel rahim, yaitu lapisan yang berperan sebagai penyokong bagi janin yang sedang tumbuh bila wanita hamil, mulai berkembang dan menebal. Hormon memberi sinyal pada telur di dalam indung telur untuk mulai berkembang.

2. Selanjutnya, sebuah telur dilepaskan dari indung telur wanita dan mulai bergerak menuju tuba falopi, kemudian ke rahim.

3. Bila telur tidak dibuahi oleh sperma pada saat berhubungan intim (atau saat inseminasi buatan), lapisan rahim akan berpisah dari dinding uterus dan mulai luruh serta akan dikeluarkan melalui vagina.

4. Periode pengeluaran darah ini disebut Haid/Menstruasi, yang berlangsung selama 3 sampai 7 hari. Jarak antara satu Haid ke Haid berikutnya antara 21 hari sampai 35 hari.

Jika terjadi pembuahan telur oleh sperma, maka Haid/Menstruasi akan berhenti. Biasanya kita mengansumsikan terjadi kehamilan. Namun untuk memastikannya perlu pemeriksaan lebih lanjut.

2 dari 5 halaman
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : irgi-ramadhan

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam