1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

Penulis : Erpan Nugraha

12 Agustus 2019 09:08

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit Pinggang Sebelah Kanan - Umumnya, sakit pinggang sebelah kanan banyak disebabkan oleh kebiasaan tubuh menggendong beban berat di bagian kanan. Nyatanya masih banyak penyebab pinggang kanan Anda menjadi nyeri atau sakit. Mari simak penjelasannya di bawah ini.
Berbagai hal penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Ada banyak kemungkinan sumber sakit punggung di bagian kanan, salah satunya masalah pada organ di daerah abdomen, pinggang, atau bagian pelvis. Sakit dan nyeri tersebut bisa juga disebabkan oleh adanya peradangan pada organ dalam atau mungkin infeksi. Berikut merupakan hal yang menyebabkan pinggang kanan terasa sakit:

1. Gejala sakit ginjal

Gejala batu ginjal, infeksi saluran kencing dengan komplikasi ginjal, dan sakit ginjal memiliki ciri-ciri yang sama. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri pada bawah pinggang, bisa terjadi di bagian kanan maupun kiri.

Gejala sakit ginjal ini biasanya disertai rasa sakit saat kencing dan muntah. Sakit saat buang air kecil ini, umumnya terjadi akibat batu (kristal) ginjal yang bergerak melalui ureter dan akhirnya masuk ke dalam saluran kencing manusia. Dampak dari sakit ginjal ini tidak jarang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, di mana salah satu ginjal berada di daerah tersebut.

2. Otot tegang

Penyebab paling sering dari sakit pinggang sebelah kanan adalah akibat otot yang menegang. Otot tegang bisa disebabkan pula oleh hal yang berbeda.

Contohnya antara lain, saat Anda mengangkat sesuatu yang tidak dalam posisi tubuh yang benar, salah bergerak, atau salah melakukan gerakan olahraga. Beberapa contoh tersebut sangat memungkinkan Anda untuk mengalami nyeri atau sakit pada pinggang, khususnya di bagian kanan.

3. Penyakit degeneratif tulang belakang

Penyakit yang terjadi pada tulang belakang manusia ini biasanya terjadi saat tulang di daerah lumbar (tulang belakang) mulai keropos. Mungkin, Anda juga pernah mengenalnya dengan nama “pengapuran” tulang. Biasanya banyak terjadi pada orang berusia lanjut atau kadang disebabkan oleh obesitas.

Untuk obesitas, pengapuran tulang akan terjadi ketika semakin besar tekanan pada sendi, semakin mudah pula sendi akan menjadi lebih rapuh.

4. Lumbar disc syndrome

Sakit pinggang sebelah kanan ini sering disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar ketika mengangkat beban. Akibatnya, bisa mengurangi fungsi diskus tulang rawan bagian belakang tubuh.

Ketika celah diskus tulang rawan menyempit lalu tulang akan terdorong, sehingga menyebabkan tekanan pada tulang atau saraf punggung bagian kanan atau kiri. Jika satu saraf terganggu, punggung atau pinggang akan terasa kesemutan, mati rasa dan bahkan mudah sakit.

5. Penyakit radang panggul

Pelvis Inflammatory Diseases (PID) disebut juga sebagai penyakit radang panggul adalah peradangan yang terjadi di sistem reproduksi dan saluran kemih wanita, termasuk rahim, ovarium, saluran tuba dan uretra.

PID adalah penyebab umum nyeri pada sisi kanan pinggang dan perut pada wanita. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual. Umumnya gejala PID adalah mengalami keputihan yang abnormal dan merasakan sakit saat buang air kecil.

6. Radang usus buntu

Jika Anda memiliki rasa sakit di sisi kanan pinggang yang berlangsung selama beberapa hari disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan demam, bisa jadi itu tanda radang usus buntu atau bahasa medisnya disebut apendisitis.

Usus buntu merupakan suatu kondisi yang sering dan dapat terjadi pada semua usia. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun. Pada kebanyakan kasus, nyeri yang berhubungan dengan apendisitis dimulai di bagian atas sekitar pusar, lalu menyebar ke sisi kanan bawah perut selama satu sampai dua hari. Sebagian orang yang mengalami usus buntu merasakan rasa sakit di sisi kanan yang menetap dan terasa semakin parah apabila bergerak.

5. Gangguan pada empedu

Jika kantung empedu seseorang mengalami peradangan atau kram biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang menjalar sampai ke bagian pinggang sehingga menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan.

Selain itu, beberapa orang yang mengalami gangguan di empedunya juga merasakan mual atau bahkan muntah ketika makan. Umumnya gangguan empedu yang paling sering dialami adalah batu empedu dan kolik empedu.

6. Penyebab lain yang tidak serius

Sakit pinggang sebelah kanan sebagian besar disebabkan masalah yang tidak serius dan akan membaik dengan sendirinya. Beberapa kebiasaan buruk bisa menyebabkan sakit pinggang seperti posisi Anda duduk, berdiri, bekerja, akibat mengangkat sesuatu, merokok, aktivitas olahraga, kebiasaan makan, minum dan stres.

Selain itu indikasi dari adanya cedera, tegang otot, linu pinggul, gangguan pada tulang belakang dan masih banyak lagi juga bisa pemicu sakit pinggang sebelah kanan.

Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan | QNC Jelly Gamat


Obat Maag Kronis_QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal multikhasiat yang sengaja di formulasikan bagi masyarakat yang sedang mencari pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya, baik itu penyakit kronis maupun non kronis (penyakit luar maupun dalam). QnC Jelly Gamat ini sangat baik di konsumsi untuk semua usia balita sampai dengan lansia, jadi sesiapa pun yang ingin mengatasi, mengobati hingga menyembuhkan penyakit, cukup dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Mengapa dikatakan demikian ?? Karena, di dalam kandungan QnC Jelly Gamat memiliki perannya masing-masing dalam menyembuhkan penyakit dan dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah untuk terserang penyakit

Bahan yang digunakan QnC Jelly Gamat 100% alami tanpa bahan kimia sedikitpun. Mulai dari pengawet, pembentuk tektur dan penyesuaian rasanya berasal. Penggunaan di pilih untuk menghindari pemakaian obat kimia berbahya. Bahan bahan alami di dalam QnC Jelly Gamat berfungsi untuk melembutkan, menghilangakan bau amis, membentuk tekstur, dan rasa sehingga QnC Jelly Gamat lebih awet dan mudah di konsumsi. (QnC Jelly Gamat 0 % dari bahan kimia).

QnC Jelly Gamat merupakan salah satu produk herbal yang diproduksi dengan memanfaatkan kandungan Nutrisi dari Teripang Emas. Bahan dasar QnC Jelly Gamat ini adalah teripang emas ASLI dari perairan Indonesia yang termasuk kedalam laut terbaik di seluruh dunia. Teripang ini kemudian di budidayakan untuk kepentingan kesehatan, karena berdasarkan penelitian teripang memiliki manfaat yang luar biasa dalam dunia pengobatan.

QnC Jelly Gamat adalah produk obat herbal asli dari indonesia, tanpa bahan kimia & tanpa efek samping, sehingga QnC Jelly Gamat mampu menyembuhan 3x lebih cepat dari pengobatan biasanya. QnC Jelly Gamat merupakan produk Kesehatan Penyempurna dari Produk Gamat yang lainnya, QnC Jelly Gamat merupakan produk kesehatan dari Ekstrak Teripang yang telah mendapatkan BPOM TR 173301471 dan tersertifikasi HALAL MUI INDONESIA . Selengkapnya KLIK DISINI

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : erpan-nugraha

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam