1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Rokok Elektrik Tingkatkan Risiko Terjangkit COVID-19 ?

Penulis : Rahmad

6 April 2020 00:35

Merokok menjadi faktor signifikan (terkait risiko) terinfeksi COVID-19.

Planet Merdeka - Sejumlah praktisi kesehatan menyatakan bahwa perokok lebih rentan terinfeksi virus corona COVID-19. Untuk mengurangi risiko terpapar virus tersebut, perokok aktif disarankan berhenti merokok atau jika tidak bisa berhenti merokok, dapat beralih ke produk tembakau alternatif yang memiliki risiko yang lebih rendah.

Seorang Dosen Warwick Medical School yang juga Praktisi kesehatan, Dr James Gill, menyatakan merokok menjadi faktor signifikan (terkait risiko) terinfeksi COVID-19. Ada sejumlah faktor terkait merokok yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

“Ada banyak faktor yang saling terkait mengapa merokok mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi – dari kemampuan untuk mendapatkan oksigen dari darah ke jaringan, hingga peningkatan kadar karbon monoksida dalam darah,” jelasnya.

Melansir dari sciencemediacentre.org, alasan terbesar yang memungkinkan risiko infeksi pernapasan pada perokok terus meningkat adalah kerusakan dan kematian yang terjadi pada silia (bulu-bulu halus) di saluran udara dan paru-paru.

Baca Selanjutnya: Bahan kimia pada rokok...

Halaman

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rahmad

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya