1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Sejumlah Anak di Jawa Barat, Masuk RSJ Akibat Kecanduan Main Gadget

Penulis : imron

16 Oktober 2019 19:49

Usia 5 tahun dan 8 tahun.

Planet Merdeka - Penggunaan gadget atau smartphone pada anak butuh pengawasan khusus bagi para orang tua. Banyak orang tua yang cenderung lalai akan bahayanya penyalahgunaan gadget untuk anak.

Bila dilihat perkembangannya saat ini, gadget seperti sudah menjadi kebutuhan pokok hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Bahkan sejumlah orang seoalh-olah seperti tak bisa lepas dari gadget.

Namun ternyata kecanduan gadget juga bisa menimpa pada anak-anak. seperti dikutip dari laman liputan6, Sabtu, (12/10/2019) Ada fakta mengejutkan mengenai kondisi kesehatan kejiwaan masyarakat, terutama anak-anak di Jawa Barat.

Direktur salah satu RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Elly Marliyani mengungkapkan, banyak anak-anak di Jawa Barat yang termasuk dalam orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) karena penggunaan gadget (smartphone atau HP) secara berlebihan.

2 dari 3 halaman

Mengejutkannya, kini ada juga pasien yang lebih muda.

Elly mengatakan, pihaknya memang belum mengantongi data pasti berapa jumlah anak yang ketergantungan gagdet.

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat di Cisarua pun sudah menerima pasien anak ODMK. Biasanya, kata Elly, ODMK berusia di atas 15 tahun.

"Biasanya ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) maupun ODMK dialami remaja yang masuk umur 15 tahun, tapi dengan perkembangan zaman seperti sekarang terdapat anak kecil yang bahkan sudah dimasukkan ke rumah sakit jiwa," kata Elly dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Bandung, Sabtu, 12 Oktober 2019.

"Usia 5 tahun dan 8 tahun sudah kami tangani, akibat ketergantungan menggunakan gadget," tambah Elly dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kamis (10/10/2019).
3 dari 3 halaman

Butuh peran orang tua untuk mengurani bahaya penggunaan gadget.

Anak pengguna gadget tidak bisa sepenuhnya disalahkan dalam hal ini, karena menurut Elly hampir seluruh orangtua sekarang sudah banyak yang memberikan gadget kepada anak. 

Pada awalnya, para anak diberikan gadget agar anak tak menganggu kegiatan orang tua. Namun justru, imbasnya si anak jadi kecanduan gadget. Ketergantungan itu bisa menganggu jiwa anak tersebut.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : imron

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam