1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEJARAH
Tokoh Muda Pessel, Yulan: Pesisir Selatan Itu Negeri Sejuta Pesona

Penulis : Merdeka

18 April 2020 13:20

kemarin, Kabupaten Pesisir Selatan genap berusia ke 72 tahun

Merdeka.com - Nama Pesisir Selatan berasal dari nama daerah ini pada masa penjajahan Belanda, afdeling zuid beneden landen (dataran rendah bagian selatan).

Ketika itu, pada tahun 1903, wilayah Bandar Sepuluh Inderapura dan Kerinci menjadi afdeeling yang dipimpin asisten residen yang berkedudukan di Indrapura sebagai pusat pemerintahan.

Melalui UU no 12 Tahun 1956 daerah ini menjadi kabupaten Pesisir Selatan Kerinci.

Tahun 1957 dengan lepasnya Kerinci menjadi kabupaten sendiri di bawah provinsi Jambi, namanya berubah menjadi Pesisir Selatan saja.

Sebelum Abad ke-16, wilayah Pesisir Selatan merupakan daerah sepanjang pesisir pantai Sumatra Barat yang terdiri dari rawa-rawa dataran rendah dan bebukitan yang sudah berpenghuni.

Penghuninya waktu itu masih sangat sedikit. Mereka berasal dari berbagai negeri asal.

Mereka tinggal di sepanjang pesisir pantai sebagai nelayan. Sebagian mereka datang dari pedalaman Sumatra atau hulu sungai Batang Hari.

Sebagian lagi penyebaran dari daerah Indojati atau Air Pura. Dan sebagian dari mereka adalah orang-orang yang dikenal sebagai Orang Rupit pelarian dari daerah Sungai Pagu Muara Labuh dan sekitarnya yang kemudian menyeberang ke Pulau Pagai.

Dipercaya sebelum abad 16 di mana pada era ini banyak terjadi ekspansi dan migrasi dari masyarakat Darek (Luhak Nan Tigo) ke berbagai daerah yang disebut rantau, diduga kuat wilayah Pesisir Selatan Tarusan Bayang dan Bandar Sepuluh sudah didiami oleh masyarakat dari Inderapura karena kerajaan Teluk Air Pura sudah eksis semenjak abad 9 Masehi.

Sementara Kerajaan Sungai Labu baru berdiri pada abad 17 Masehi, begitupula Kerajaan Pagaruyung yang juga baru berdiri pada abad 17.

Tepat pada tanggal 15 April 2020 kemarin, Kabupaten Pesisir Selatan genap berusia ke 72 tahun.

Salahsatu tokoh muda dari Painan yang kini mengabdikan diri di Kota Pekanbaru, Nofri Andri Yulan menyebut Pesisir Selatan merupakan daerah yang memiliki sejuta keindahan dan kekayaan alam.

"Selamat milad negeri Sejuta Pesona," tulis Yulan dalam akun instagram pribadi miliknya, @nofriandriyulan, satu jam yang lalu, Sabtu (18/4/2020). (Merdeka/yp)

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : merdeka-1025069

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya