1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Anggap Putrinya Pindah Agama Karena Didoktrin, Sunan Kalijaga Akan Tempuh Jalur Hukum

Penulis : Queen

16 Juli 2019 11:08

Sunan Kalijaga heran dengan perubahan putrinya

Planet Merdeka - Sunan Kalijaga heran dengan perubahan mencolok anak sulungnya, Salmafina Sunan. Sudah dua minggu Salmafina Sunan meninggalkan rumah dan diketahui sudah beralih keyakinan. Ia curiga anaknya di bawah pengaruh oknum dan kelompok.

"Jadi saya menduga ada pengaruh atau komunitas yang berpengaruh kurang baik pada Salma."

"Karena perubahan Salma drastis ya sehingga kami orangtua merasa kok ini bukan Salma ya," katu Sunan Kalijaga saat ditemui di Direktorat Imigrasi, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

2 dari 18 halaman

Sunan Kalijaga beri kecaman pada oknum tersebut

Sunan juga mengecam oknum dan kelompok tersebut dengan jalur hukum. Ia tidak terima jika anak sulungnya yang masih labil dan berubah drastis akibat pengaruh buruk seseorang.

"Teman atau lingkungan dari kalangan manapun yang saya duga memberikan pengaruh atau doktrin kurang baik terhadap anak saya,"

"Saya sebagai orangtua engga akan diam. Saya akan lakukan upaya hukum pada orang tersebut," pungkasnya.
3 dari 18 halaman

Sunan Kalijaga belum menyebutkan siapa oknum tersebut


Namun, Sunan Kalijaga belum mau mengungkapkan siapa pihak yang dimaksud. Ia masih mendalami dugaannya lebih lanjut.

"Masih dalam proses. Saya nggak bisa bilang. Nanti kalau sudah jadi bukti laporan mungkin saya bisa sampaikan. Saya belum gali karena terlalu lelah, saya juga sampai jam 7 pagi mengantar Salma ke satu tempat," bebernya.
4 dari 18 halaman

Peringatan Sunan Kalijaga untuk orang terdekat Salmafina

Sunan memperingatkan kepada siapa pun orang terdekat Salmafina. Ia tak ragu untuk menindak orang yang berpengaruh buruk untuk putri sulungnya.

"Saya nyatakan siapa pun. Saya tidak peduli siapa dia, golongan apa, yang pasti orang yang ada di sekeliling Salma memberi pengaruh buruk. Kenapa? Kalau baik, pasti Salma akan diperingatkan untuk pulang karena saya dan ibunya cari. Ibunya juga sakit, pulang," imbuhnya.
5 dari 18 halaman

Sunan Kalijaga hanya melihat putrinya sendirian

Awalnya, Sunan Kalijaga sempat berharap bisa menindak orang yang mendoktrin saat bertemu Salmafina. Namun ternyata, Salmafina sendirian ketika ditemukan olehnya.

"Tapi tidak ada. Kenapa saya bilang nggak ada, karena semalam saya dan tim yang tangkap Salma sendiri," pungkasnya.
6 dari 18 halaman

Salmafina memang sedang dicari oleh Sunan Kalijaga

Salmafina Sunan memang dicari-cari oleh Sunan Kalijaga karena tak pulang-pulang. Salma diminta ke rumah karena ibunya sedang sakit. Persoalan hubungan orang tua dan anak yang terjadi antara Sunan Kalijaga dengan Salmafina memang pelik. Sunan mendapatkan kabar heboh kalau Salma telah pindah agama saat ulang tahun pernikahannya.
7 dari 18 halaman

Nama Taqy Malik ikut disorot

Nama Salmafina Sunan kini tengah menjadi sorotan publik. Putri pengacara Sunan Kalijaga ini disorot publik lantaran berita yang menyebutkan Salmafina berpindah keyakinan.

Saking hebohnya pemberitaan tersebut, nama Taqy Malik, mantan suami Salmafina ikut disorot. Hal ini terjadi lantaran, ayah Salmafina mengunggah sebuah status yang seolah menyindir mantan menantunya, Taqy Malik .
8 dari 18 halaman

Masa lalu kelam Salmafina hingga menyisakan luka

Masa lalu kelam pernikahan Salmafina dengan Taqy Malik yang bertahan dalam hitungan bulan ternyata masih sulit dilupakan. Pernikahan singkat itu ternyata menyisakan luka mendalam bagi Salmafina Sunan hingga sempat tak mau menikah dan ingin memiliki anak dari donor sperma.

Luka mendalam itu ternyata tak hanya dialami pada Salmafina, namun juga ayahnya, pengacara Sunan Kalijaga. Diketahui akad nikah putrinya yang digelar 16 September 2017 itu, harus berakhir selama tiga bulan.
9 dari 18 halaman

Sunan Kalijaga ungkapkan isi hati usai kabar anaknya pindah agama merebak

Di tengah kehebohan kabar Salma pindah keyakinan, Sunan mencurahkan perasaannya dengan sangat mengejutkan soal pernikahan Salma dan Taqy yang berakhir 21 Februari 2018. Dengan menyebut nama Allah, Sunan mengaku menyesal telah menikahkan putrinya dengan Taqy.
10 dari 18 halaman

Menyesal menikahkan anaknya dengan Taqy Malik

“Demi Allah menyesal pernah menikahkan anak kesayanganku @salmafinasunan dengan dia,” tulisnya via Insta Storynya, Jumat (12/7/2019) malam.

11 dari 18 halaman

Sunan berharap Taqy mendapat balasan


Entah apa yang membuat Sunan tiba emosi. Namun, ia juga mendoakan agar ada balasan yang terbaik atas apa yang telah dialami putrinya. 

“Semoga Allah membalas segalanya,” ungkapnya.

12 dari 18 halaman

Alasan Salmafina diceraikan versi Sunan Kalijaga

Tidak hanya itu, Sunan Kalijaga kembali mengunggah kalimat yang mengungkap alasan Salmafina diceraikan.

"Demi Allah dalam urusan perceraian anak saya tidak salah 100%..! Masa gara-gara pakai celana di medan pegunungan salju Swiss itu menjadi persoalan untuk menceraikan anak saya...bukan main," tambah Sunan dalam insta story.

13 dari 18 halaman

Taqy sempat ungkap alasan bercerai

Dikutip dari acara Rumpi di YouTube TRANS TV Official pada 22 Desember 2017, Taqy membeberkan sejumlah alasan menceraikan istrinya melalui video call lantaran masih berada di Mesir. Sebelum menjatuhkan talak, Taqy mengaku sempat minta petunjuk dan berkonsultasi dengan guru-gurunya di Mesir.

Meski tak menceritakan secara detail, Taqy menyebut ada kesalahan fatal yang dilakukan Salmafina hingga ia tak bisa memaafkan.

"Dari Taqy talak pertama sebenernya memberikan kesempatan untuk Alma berubah, cuma ternyata tidak ada niat untuk berubah," ujar Taqy.

"Malah tambah parah dari sebelumnya sehingga membuat Taqy lebih memilih (cerai), udah melanggar syariat lah, lebih parah dari sebelumnya," tambahnya.
14 dari 18 halaman

Salmafina bukanlah istri penurut bagi Taqy


Sementara, Taqy menyebut Salmafina bukan istri penurut padahal ia sudah berusaha membimbing untuk menjadi istri yang baik.

"Sebenernya Taqy tau ini tantangan berat merubah seseorang dari masa lalunya yang kurang baik menjadi yang lebih baik."

"Cuma posisi Taqy menikahi Alma itu 3 bulan setelah dia sudah berhijrah dan berhijab, H-3 sebelum pernikahan Taqy kumpul bersama keluarga menanyakan komitmen Alma bener-bener mau dibimbing atau nggak."

"Karna kalau pengen dibimbing katakan iya, maka pernikahan kita akan dilanjutkan, tapi kalau memang tidak belum komit dengan apa yang disampaikan maka nggak usah."

"Alma mengatakan iya, berarti dia sudah menerima konsekuensi apa pun terkait dari Taqy dan Taqy sudah berusaha waktu itu untuk menasehati dengan baik dan halus, juga dengan cara yang tegas."
15 dari 18 halaman

Kata yang membuat Taqy sakit hati

Dari cerita yang diungkap oleh Taqy, Salmafina bukan hanya tak nurut padanya tapi juga melawan saat diingatkan. Saat Taqy mencoba mengingatkan, Salmafina selalu menjawabnya dengan kata 'apose'.

"Itu sudah proses yang panjang, Taqy lihat perkembangan Alma sampai dimana, sesuai nggak dengan komitmen di awal ketika dia berjanji sebelum pernikahan."

"Kalau memang siap dibimbing ya nurut, ini ada orang nggak nurut tapi juga melawan, kalau diingetin gitu ya 'apose', 'apasih', gimana suami nggak ini (marah) coba, tapi sudah berusaha sabar."
16 dari 18 halaman

Taqy kecewa Salmafina kerap curhat di sosmed

Taqy merasa kecewa karena Salmafina kerap membuka aib rumah tangga di sosial media.

"Ditambah lagi gembar-gembor aib di depan publik, ini terlalu parah banget, bukan hanya sekali, berkali-kali menceritakan aib rumah tangga."

"Bukan hanya aib tapi juga kejelekan suami di umbar ke publik, yang nonton bukan hanya satu dua orang tapi ratus ribu orang," jelas Taqy.
17 dari 18 halaman

Taqy sempat berbicara dengan ibunda Salmafina

Taqy mengaku sudah menyampaikan keputusannya kepada ibunda Salmafina saat itu, dan mencoba untuk kembali rujuk. Namun sayang, Salmafina belum juga menunjukkan perubahan sikapnya.

"Taqy sudah menelepon ibu Alma selama 3 jam dan ibu meminta apakah tidak bisa rujuk kembali, saat itu Taqy pikirkan."

"Namun setelah itu, Alma bukan memperbaiki diri, mengintropeksi diri, tapi malah tambah parah, apa yang mau dipertahankan dari orang kaya gitu," jelas Taqy.
18 dari 18 halaman

Adanya perbedaan prinsip antara keduanya

Selain itu, menurut pengakuan Taqy, Salmafina menyebut ada perbedaan prinsip di antara mereka. Bahkan ada satu kalimat yang dilontarkan Salmafina yang membuat Taqy merasa sakit hati.

"Betul (ada prinsip yang berbeda), 'aku berhak mendapatkan yang lebih dari kamu, dan kamu juga berhak mendapatkan itu', hati suami mana yang nggak sakit hati," kenang Taqy.

"Mau apa lagi yang dipertahankan. Alma sendiri yang bilang kalau kita beda prinsip," lanjutnya.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam