1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Bukan Anak Angkat, Akhirnya Ruben Onsu Ungkap Status Asli Betrand Peto kepada Helmy Yahya

Penulis : Aleolea Sponge

20 Mei 2020 11:44

Ruben Onsu Blak-blakan Beberkan Status Asli Betrand Peto

Planet Merdeka - Presenter sekaligus pengusaha Ruben Onsu membeberkan status asli Betrand Peto yang sebenarnya kepada presenter senior sekaligus mantan pejabat TVRI, Helmy Yahya. Hal itu terungkap terang-terangan dibuka Ruben Onsu di kanal YouTube Helmy Yahya Berbicara, Selasa (15/5/2020). Ruben awalnya menceritakan prosesnya kenal dengan bocah asli NTT tersebut.

2 dari 6 halaman

Lewat jalur hukum mengadopsinya

Suami Sarwendah Tan itu mengaku telah meminta kepada Betrand Peto untuk memanggilnya ayah bahkan sejak ia diadopsi. Ia kemudian menawari Betrand untuk tinggal bersamanya di Jakarta bersama keluarganya.

Meski begitu, Ruben mengaku tidak mau begitu membawa Betrand Peto menjadi anaknya. Karenanya ia lalu meminta jalur formal melalui pengadilan untuk mengadopsinya.

"Nah saya tidak mau mengangkat begitu saja, saya mau harus secara sah," tutur Ruben.

3 dari 6 halaman

Lakukan ritual adat

Ruben melanjutkan, ia lalu mengundang orang tua kandung Betrand Peto ke Jakarta. Bahkan ia juga melakukan proses ritual adat untuk yang dilakukan ditempatnya sebelum mengajukan proses adopsi ke pengadilan.

"Jadi saya undang bapak kandungnya ke Jakarta, kami sudah melakukan ritual secara adat dulu di kantor," tutur Ruben.

"Habis itu saya izin untuk mengajukan proses ke pengadilan, adopsi," tambahnya.
4 dari 6 halaman

Ruben akan jalani sidang lagi

Karena pemberitaan yang masih tentang Ruben yang mengadopsi anak. Publik secara praktis tahu bahwa status Betrand adalah anak angkat. Padahal Ruben Onsu hanya mendapatkan hak asuh saja terhadap bocah yang kini berusia 15 tahun itu.

Pemilik perusahaan Ayam Geprek itu melanjutkan, dirinya masih akan melaksanakan sidang lagi nanti saat Betrand berusia 18 tahun. Saat itulah, Betrand sendiri yang akan menentukan secara langsung statusnya berikutnya.

"Cuman kan berita ini keburu gaduh mas, 'Wah Ruben ini ini, anak angkat', bukan anak angkat. Sebenernya gini proses untuk usia anak ini yang saya dapatkan adalah hak asuh," terang Ruben.

"Nanti setelah dia usia 18 tahun, saya harus sidang lagi, untuk anak ini mau sama saya atau enggak, kan dia bisa memilih," tambahnya.
5 dari 6 halaman

Proses panjang adopsi

Meski begitu, Ruben mengaku setiap hari merasa semakin cinta dengan putranya. Ia menuturkan, proses formal untuk mendapatkan Betrand Peto melalui pengadilan sangatlah panjang dan melelahkan. Puncaknya bahkan ia mesti dicek secara kejiawaan dan kelayakan rumah tinggalnya.

"Betrand ini, saya makin hari makin cinta sama anak ini," tutur Ruben.

"Prosesnya mas, enggak gampang. Wuh, panjangnya bukan main sampai saya harus cek kejiwaan."

"Untuk mendapatkan izin kita dinyatakan sehat, tempat tinggal kita diperiksa, rumah Ruben layak atau enggak," lanjutnya.
6 dari 6 halaman

Ruben geram ribetnya proses adopsi

Ruben mengaku sempat geram dengan berbelit-belitnya proses tersebut. Namun karena ketenangan dan kebijaksanaan sang istri, dia akhirnya mampu sabar dan melewatinya dengan baik.

"Tapi saya sempat geram sekali, ini apaan sih. Ini gue mau nolong," tutur Ruben.

"Tapi yang paling bijaksana istri saya, dia bilang 'Saya enggak melahirkan dia, anggap saja proses ini saya menganggap saya lagi hamil dia' setenang itu dia," imbuhnya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : aleole

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya