1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Ibunda Meninggal Dunia, Foto Jadul Presiden Jokowi dan Ibu Sujiatmi Jadi Sorotan

Penulis : Moana

26 Maret 2020 06:21

Inna lillahi wa inna illahi rojiun, Rabu (25/03/2020) sore, Indonesia dirundung kabar duka. Kabar duka itu datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sang ibunda, Sujiatmi Notomihardjo, menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 16.45 WIB di Rumah Sakit TNI Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

2 dari 8 halaman

Dalam keterangan singkatnya di depan rumah duka, Presiden Jokowi yang diampingi beberapa keluarganya, termasuk sang putra Gibran Rakabuming, pun memberikan pernyataan resmi terkait meninggalnya sang ibunda.

Orang nomor satu di Indonesia ini mengungkap bahwa sang ibu meninggal dunia setelah 4 tahun berjuang melawan kanker yang dideritanya.

"Tadi sore pada pukul 16.45 WIB berpulang kehadirat Allah SWT ibunda kami, Bu Sujiatmi Notomiharjo, yang kita tahu bahwa ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker," kata Presiden Jokowi di kediaman sang ibunda Jalan Pleret Raya Nomor 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.
3 dari 8 halaman

Sebelum dirawat di RS TNI Slamet Riyadi Solo, ibu Sujiatmi ternyata juga pernah dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Presiden Jokowi pun menyampaikan mendoakan agar sang ibunda di ampuni segala dosanya dan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

"Kita semuanya sudah berusaha, berikhtiar, berobat utamanya di RSPAD Gatot Subroto tapi memang Allah sudah menghendaki. Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan khusnul khotimah," ucap Presiden Jokowi.
4 dari 8 halaman

Kabar duka kepergian sang ibunda Presiden Jokowi ini memang cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, seperti yang diketahui, Indonesia tengah terserang wabah virus corona atau Covid-19. Pemerintah pun melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk menangani virus yang bermula di Kota Wuhan, China tersebut.

Namun, di tengah fokus Presiden dan jajarannya menangani kasus coronya yang telah memakan 58 korban jiwa tersebut, orang nomor satu di Indonesia itu justru kehilangan orang tercintanya. Selain presiden dan keluarga besarnya, duka juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia.
5 dari 8 halaman

Salah satunya adalah pemilik akun Instagram @potolawasofficial. Melalui akun Instagramnya itu, sang pemilik akun mengunggah potret lawas Presiden Jokowi dan sang ibunda.

Sang pemilik akun tampak mengunggah foto jadul Presiden Jokowi dan Ibu Sujiatmi yang tak pernah diketahui oleh publik. Dalam captionnya, akun tersebut juga menyampaikan dukanya atas berpulangnya ibunda Presiden Jokowi.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun.. Turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Sujiatmi Notomiharjo, ibunda dari Presiden @jokowi . Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan. Aamiiiin...🙏," tulis akun tersebut.
6 dari 8 halaman

Lebih lanjut, akun tersebut menuliskan bahwa sang ibunda Presiden Jokowi meninggal dunia di usia 77 tahun. Ibu Sujiatmi bersama almarhum ayah Presiden Jokowi, Widjiatno Notomihardjo ada merupakan pedagang kayu dari Solo, Jawa Tengah.

"Sudjiatmi (lahir di Boyolali, 15 Februari 1943 – meninggal di Solo, 25 Maret 2020 pada umur 77 tahun) adalah ibu dari Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo. Bersama suaminya, Widjiatno Notomihardjo, adalah pedagang kayu dari Solo," tulisnya lagi.
7 dari 8 halaman

Selain itu, akun tersebut juga menyebutkan bahwa ibunda Presiden Jokowi terlahir dari keluarga yang sudah menjadi pedagang kayu di Boyolali, Jawa Tengah. Tak hanya itu, diketahui bahwa di awal pernikahannya bersama bapak Widjiatno, keduanya sempat hidup kesulitan namun akhirnya sukses menggeluti usahanya bersama.

"Sudjiatmi adalah anak dari pasangan Wirorejo dan Sani, pedagang kayu dari Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali. Usaha perkayuan ini juga yang kemudian digeluti bersama suaminya, Widjiatno Notomihardjo, walaupun tidak terlalu sukses dan pasangan yang menikah muda ini hidup kesulitan di awal pernikahannya," tutupnya.
8 dari 8 halaman

Setelah melihat postingan tersebut, netizen pun lantas memberikan komentarnya. Tak sedikit yang menyampaikan dukacitanya atas kepergian ibunda Presiden Jokowi.

"Semoga ibunda Bapak Joko Widodo diterima di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin"

"Ibuuuuu😭...insaallah surga sdh menanti mu,ya allah ampunilah dosa2nya dan terimalah amal ibadah ny amin🙏"

"Masa2 sulit pak jokowi, sabar gih pak saya rakyat biasa seorang kuli yg harus ttp kerja disaat bangsa indonesia dihantam badai wabah, selalu support bapak semoga bpk kuat menjalaninya sebagai kepala negara sekaligus kepala kel. Dan ditahun ini kehilangan sosok ibunda tercinta, selamat jalan Ibu Sujiatmi Notomiharjo🙏"

"Semoga almarhumah ibu Hj.Sudjiatmi Notomiharjo diberikan tempat yg terbaik di sisi Allah SWT, dan utk pak Jokowi sekeluarga semoga diberikan ketabahan, Aamiin YRA...🙏"

"Innalillahi wa inna illaihi rooji'uun..... Semoga almarhumah husnul khotimah...Aamiin🙏🏻"

"Inalillahiwainailaihirojiun , turut berduka atas wafatnya nya ibunda presiden jokowidodo , semoga Husnul hotimah . Aamiin .y.r.a."

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : moana

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya