1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Makam Upin Ipin dan Kisah Tragisnya Beredar di Medsos, Tim Produksi Tegaskan Hal Ini

Penulis : Joernoy

18 Januari 2022 09:28

Tim Produksi Upin Ipin Tegaskan Hal Ini

Planet Merdeka - Baru-baru ini di media sosial beredar video yang menampilkan makam bertuliskan Upin Ipin. Dua makam tersebut kemudian diyakini sebagai inspirasi dibuatnya kartun atau animasi Upin Ipin yang digemari anak-anak di Indonesia.

Muncul pula cerita tragis, di mana Upin Ipin meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat tamasya bersama keluarga. Upin meninggal pada 6 Agustus 1995 sedangkan Ipin meninggal, 2 April 1996.

Si pengunggah video TikTok menuliskan, pantas saja sosok Upin dan Ipin tak pernah menjadi dewasa. Karena kakak adik ini meninggal saat usia 5 tahun. Diunggah pertama kali oleh akun @bang_alonk3110, Minggu, 16 Januari 2022, dikatakan jika video itu dikirim oleh rekannya asal Malaysia, yang mengaku mengerti latar belakang dari cerita fiksi Ipin Upin tersebut.

2 dari 3 halaman

Sementara itu, netizen lain juga mengungkapkan kisah tragis lain soal Upin Ipin.

"Jadi Upin dan Ipin adalah satu keluarga yang mengalami tragedi kecelakaan ketika sedang berlibur,"

"Upin bersama orangtuanya langsung meninggal di tempat kejadian"

"Sedangkan si Ipin, dia mengalami koma dan meninggal setelah beberapa bulan,"

"Kak Rose trauma, dia nggak percaya kalau adiknya meninggal. Dia berhalusinasi Upin dan Ipin masih hidup,"
3 dari 3 halaman

Upin dan Ipin disebutkan tokoh nyata dari Indonesia sedangkan animasinya dibuat orang Malaysia. Kini pihak produksi kartun Upin Ipin. Les' Copaque Production akhirnya angkat bicara dan memberikan pernyataan bahwa apa yang sedang viral di media sosial tersebut tidaklah benar.

Kisah Upin Ipin adalah rekaan saja alias tidak diambil dari kisah nyata manapun. Upin Ipin merupakan ciptaan dari Hajah Ainoh yang merupakan pengisi suara Opah. Dijelaskan pula mengapa Upin Ipin tak memiliki orangtua. Memang hal tersebut sengaja diceritakan demikian, karena kekurangan tenaga kerja.

Berikut postingan lengkap Les' Copaque Production melalui akun twitter resminya:

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada."

"Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat."

"Haji Burhanuddin, Pengarah Urusan Les' Copaque Production pula adalah pelakon suara Tok Dalang. Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin."

"Kenapa Upin dan Ipin tiada ibu dan ayah? Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu."

"Upin dan Ipin botak? Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut."

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : joernoy

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya