1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Sempat Viral Putri Sultan Hamengkubuwono X Naik Becak, Akhirnya GKR Bendara Buka Suara

Penulis : Moana

10 September 2019 15:16

Sempat viral video GKR Bendara naik becak

Belakangan publik dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan Putri Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X yakni Gusti Kanjeng Ratu Bendara naik becak.

Setelah video dirinya naik becak viral, akhirnya GKR Bendara pun buka suara dan mengungkapkan fakta yang sebenarnya terjadi kala itu.

2 dari 7 halaman

Viral dan jadi bahan perbincangan

GKR Bendara pun tak menyangka bahwa video dirinya naik becak di Malioboro beberapa waktu yang lalu itu bisa viral di media sosial hingga jadi bahan perbincangan netizen. 

GKR Bendara pun kemudian membeberkan kronologi kejadian yang sebenarnya ketika dirinya naik becak hingga ada yang merekamnya dan kemudian viral. 
3 dari 7 halaman

GKR Bendara beberkan kronologinya

GKR Bendara mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi pada Selasa (03/09/2019) Wage lalu. Kala itu dirinya tengah memesan becak setelah mengikuti rapat di DPRD DIY. Untuk diketahui, setiap Selasa Wage, kawasan Malioboro sendiri memang harus steril dari berbagai kendaraan. Dan satu-satunya alat transportasi hanya becak. 

"Sebisa mungkin saya menghindari Malioboro karena terlalu penuh. Kebetulan itu ada rapat di DPRD pas Selasa Wage, adanya kendaraan ya cuma becak," ujar GKR Bendara.
4 dari 7 halaman

Tak tahu sosok perekam

GKR Bendara pun mengaku tak tahu siapa sosok perekam video dirinya ketika naik becak tersebut. Bahkan ia pun juga tak tahu siapa yang mengunggah video itu ke media sosial hingga viral. 

"Tapi ya begitu, jadinya viral. Saya juga tidak tahu itu di video sama siapa, tiba-tiba masuk aja," tambahnya.
5 dari 7 halaman

Tukang becak tak tahu dirinya anak Sultan

GKR Bendara pun menerangkan jika tukang becak yang dinaikinya kala itu juga tak tahu jika ia adalah seorang putri Sultan. 

"Tukang becak tidak tahu, saya berangkat ke Malioboro naik becak. Kalau yang dari rumah biasanya tahu karena sudah biasa di situ, tapi kalau dari Malioboro ke rumah tidak tahu," katanya.
6 dari 7 halaman

Lebih suka naik becak

GKR Bendara pun kemudian mengungkapkan, kebiasaan naik becak sudah sering dilakukannya.

GKR Bendara mengaku bahwa dirinya memang lebih senang naik becak ketika berada di kawasan kota. Menurutnya hal itu, karena di kawasan kota cenderung susah untuk mencari tempat parkir. 
7 dari 7 halaman

Pesan untuk generasi muda

GKR Bendara pun memberi pesan pada generasi muda agar tak malu dengan budaya dan tradisinya. Menurut GKR Bendara, becak atau andong tak ada hubungannya dengan hal kuno atau pun modern. Namun, hal itu menurut GKR Bendara sama dengan menjaga kebudayaan kita. 

"Tidak boleh malu dengan sejarahnya tradisinya. Tidak boleh malu dengan bahasa Jawanya, dengan naik becak, andong. Itu bukan zaman dahulu atau bukan, tapi itu kita nguri-nguri budaya," terangnya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : moana

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam