1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Setelah Ambil Langkah Pecat Dirut Garuda, Beredar Pengakuan Erick Tohir Soal Gaji yang Saat Ia Terima Jadi Menteri

Penulis : Queen

9 Desember 2019 10:06

Kahebohan kasus Harley di pesawat Garuda Indonesia

Planet Merdeka - Salah satu maskapai terbesar Indonesia, beberapa hari belakangan ini terus dihebohkan dengan sejumlah peristiwa. Salah satu yang membuat heboh adalah Bea Cukai yang berhasil membongkar penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton ilegal di dalam pesawat Garuda Indonesia yang baru saja dibeli.

Pihak maskapai sendiri awalnya mengaku kalau barang-barang tersebut merupakan milik karyawannya. Namun terkuak kalau barang mewah selundupan tersebut ternyata milik salah satu petinggi Garuda Indonesia. Petugas menemukan barang-barang tersebut saat melakukan pengecekan di hangar pesawat yang berada di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Minggu (17/11/2019).

2 dari 8 halaman

Erick Thohir dengan tegas pecat Dirut Garuda

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir kemudian melakukan penindakan tegas mengenai pelanggaran tersebut. Ia akhirnya memutuskan untuk memberhentikan direktur utama Garuda Indonesia yaitu Ari Askhara.

Ari Askhara terlibat penyelundupan Harley Davidson dan beberapa barang mewah tersebut. Kini Erick sedang menunggu Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk bisa melakukan pemberhentian tersebut.

"Saya akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini ada prosedurnya," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/11/2019).
3 dari 8 halaman

Erick akan tuntaskan siapa saja yang terlibat

Tidak hanya itu, Erick mengungkapkan, pihaknya akan melihat lagi lebih dalam siapa saja oknum lain yang tersangkut dalam penyelundupan.

"Kita proses secara tuntas apalagi ada kerugian negara, tidak hanya perdata juga pidana," katanya.

Erick Thohir juga berterimakasih ke Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sudah menindaklanjuti kasus ini.

"Saya ingin apresiasi ke Direktur Jenderal Bea Cukai dan timnya dan Ibu Menteri Keuangan yang langsung menindaklanjuti," pungkasnya.
4 dari 8 halaman

Kerugian negara mencapai Rp 1,5 miliar

Erick Thohir mengungkapkan adanya kerugian negara yang cukup besar. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan adanya kerugian negara mencapai Rp 1,5 miliar.

"Dengan demikian total kerugian negara, potensi atau yang terjadi kalau mereka tidak melakukan deklarasi ini adalah antara Rp532 juta hingga Rp 1,5 miliar," sebut Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).
5 dari 8 halaman

Sosok Erick Thohir

Erick Thohir memang sedang lakukan sejumlah langkah strategis dalam mengurus BUMN. Semenjak dirinya diangkat menjadi menteri, ketegasannya dalam mengambil keputusan membuatnya kian disegani.

Sebelum menjadi menteri, ia merupakan seorang pengusaha yang cukup berpengaruh di Indonesia. Erick bahkan menjadi salah satu pegusaha terkaya di Tanah Air.
6 dari 8 halaman

Erick Thohir mengaku miskin sejak jadi menteri

Dalam sebuah acara talkshow, Mata Najwa, rekam jejaknya yang luar biasa justru membuatnya menjadi Menteri BUMN dan dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

Namun dalam acara tersebut, Erick mengaku kalau ia justru menjadi lebih 'miskin' semenjak menjabat menjadi menteri.

Ternyata gaji yang didapatkan selama menjadi menteri tidak sebanyak saat ia memimpin perusahaan lain. Hal ini terungkap dalam acara Mata Najwa pada Rabu (4/12/2019). Erick mengaku dirinya hanya mendapatkan gaji sebanyak Rp 19 juta perbulan.

"Kayaknya tambah miskin, gajinya aja jauh lebih kecil dari pendapatan sebelumnya," ungkap Erick Thohir.
7 dari 8 halaman

Saham milik Erick Thohir menurun sejak jadi menteri

Tak hanya gaji, semenjak ditunjuk jadi menteri, saham-saham miliknya malah mengalami penurunan. Namun Erick berpikiran kalau saat itu mungkin pasar sedang pesimis dengan penunjukannya.

"Mungkin market melihat pesimis, karena sesuatu yang tidak mudah dan saya tidak bisa, misalnya saya mengatakan lebih baik daripada menteri-menteri yang sebelumnya," ungkapnya.
8 dari 8 halaman

Erick menyadari amanahnya sebagai menteri

Meski begitu ia beranggapan kalau pekerjaan sebagai menteri menjadi tanggung jawab yang lebih tinggi. Pasalnya, ia menyadari usai menerima amanah menjadi Menteri. Ia sadar harus merelakan apa pun yang terjadi pada dirinya secara pribadi.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam