1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SELEBRITY
Tembus Satu Juta Penonton, 'MAKMUM 2' Raih Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia

Penulis : OctaWilly

16 Januari 2022 20:03

Film rillisan ertama yang berhasil menembus jutaan.

Planet Merdeka - Film MAKMUM 2 telah tayang di bioskop seluruh Indonesia sejak 30 Desember 2021. Setelah Empat belas hari penayangan pertamanya, sajian bergenre horor ini berhasil mengoleksi total 1.057.149 penonton.

Jumlah penonton yang diraih oleh film dengan bintang utama Titi Kamal ini jelas tidak main-main. Pasalnya dari puluhan judul tayangan film selama pandemi, MAKMUM 2 jadi rilisan pertama yang berhasil menembus jutaan.

Museum Rekor Indonesia atau MURI memberikan piagam penghargaan. Karena film horor besutan Guntur Soeharjanto tersebut berhasil mencetak rekor sebagai film nasional pertama yang mendapatkan total satu juta penonton di masa pandemi.

"Tepatnya Kamis malam saya mendapat kabar film ini tembus satu juta penonton. Pihak MURI juga baru tadi malam mengabari mau memberikan penghargaan," kata Dheeraj Kalwani selaku produser ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (14/2/2022).

Saat awal dirilis, MAKMUM 2 mendapat jumlah layar total 255 di seluruh Indonesia. Setelah dua pekan penayangan, jumlah tersebut ditambah hingga dua kali lipat menjadi 562 layar. Hal ini dikarenakan penonton membludak.

"MAKMUM 2 ini grafiknya rata ya baik di Jabodetabek maupun luar kota. Saya lihat grafik weekday terus naik mengalahkan grafik di weekend. Tentunya presentase penonton bioskop paling besar datang dari XXI dengan 75 persen, kedua CGV," ungkap Dheeraj.

2 dari 2 halaman

Kisah dalam film.

Guntur Soeharjanto selaku sutradara mengaku tidak percaya atas raihan penonton film garapannya. Namun, hal ini membuktikan bahwa penonton film nasional mulai kembali ke bioskop dan hal tersebut akan memicu semangat banyak orang yang berkecimpung di industri.

"Status penonton bioskop kan belum seratus persen. Kalau dulu karena seratus persen, jadi counting-nya jelas. Sekarang masih 50 hingga 75 persen, tapi bisa tembus satu juta cukup istimewa buat saya. Saya harap ini jadi trigger. Kalau bioskop ramai, kami filmmaker jadi semangat bikin lagi, produser juga yakin membiayai sehingga kondisi kembali seperti sebelum pandemi," jelas Guntur pada kesempatan yang sama.

MAKMUM 2 menyorot kisah Rini (diperankan Titi Kamal) berstatus sebagai janda dengan satu orang anak. Suatu hari ia dan putranya memutuskan pulang ke kampung halaman untuk melayat saudara yang meninggal.

Begitu sampai di tempatnya tumbuh besar, Rini mendapati dirinya diteror oleh sosok menyeramkan disebut hantu makmum. Situasi semakin pelik ketika anak Rini hilang lalu ditemukan dalam kondisi tak sadar. Apa yang sebenarnya terjadi? Temukan jawabannya hanya di bioskop. [*octa]

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : octawilly

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya