1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Tim Takraw Putri Indonesia Jadi Korban Kecurangan Malaysia Saat SEA GAMES 2017

Penulis : Queen

21 Agustus 2017 08:34

Setelah dua kasus bendera di buku panduan, kini giliran tim takrawa perempuan Indonesia jadi korban ‘kecurangan’ wasit di lapangan saat melawan tuan rumah. Hal ini tentu saja membuat publik bertanya-tanya, soal kinerja Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017. Kecurangan itu dilakukan tak hanya di buku panduan, tapi juga di lapangan.
Kali ini, kecurangan yang ditunjukkan oleh wasit yang memimpin laga antara Malaysia melawan Indonesia di cabor sepak takraw putri. Hingga, tim sepak takraw putri Indonesia akhirnya menyatakan mundur alias walk out dalam laga fase grup ini. 

2 dari 3 halaman

Dalam pertandingan cabor sepak takraw SEA Games 2017, antara Tim Putri Malaysia VS Tim Putri Indonesia, pada Minggu (20/8/2017) sore, Tim Putri Indonesia melakukan Walk Out setelah wasit asal Singapura bernama Muhammad Radi berulang kali melakukan kecurangan. . Yang terakhir dan sudah dianggap tidak wajar, Tim Putri Indonesia dinilai melakukan kesalahan oleh wasit ketika melakukan service. Padahal dalam tayangan ulang, tidak ada kesalahan sedikit pun yang dilakukan oleh Tim Putri Indonesia. . Kalian tetap JUARA 🇮🇩🇮🇩🇮🇩 _______ Jika kamu punya informasi berupa foto atau video menarik, langsung saja DM atau mention ke kami yak.. Makasih..😊🤗 . #infia #infiafact #wasitcurang #curang #sepaktakraw #indonesiajuara #seagames2017 #seagames

A post shared by INFIA - Fact (@infia_fact) on

Menurut penjelasan akun @infia_fact, dalam pertandingan cabor sepak takraw SEA Games 2017, antara Tim Putri Malaysia VS Tim Putri Indonesia, pada Minggu (20/8/2017) sore, Tim Putri Indonesiamelakukan Walk Out. Kejadian ini bermula setelah wasit asal Singapura bernama Muhammad Radi berulang kali melakukan kecurangan.
"Yang terakhir dan sudah dianggap tidak wajar, Tim Putri Indonesiadinilai melakukan kesalahan oleh wasit ketika melakukan service."
"Padahal dalam tayangan ulang, tidak ada kesalahan sedikit pun yang dilakukan oleh Tim Putri Indonesia. Kalian tetap JUARA" begitu tulis akun @infia_fact.
Di saat pertandingan sepak takraw itu berlangsung ternyata Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi juga ikut menyaksikan. Dia juga melihat bagaimana keputusan wasit itu dinilai kontroversi. Melalui akun Twitter-nya @imam_nahrawi kembali memberikan pernyataan atas kejadian di pertandingan sepak takraw putri itu.
"Inti dari olahraga adalah sportivitas. -IN #Sepaktakraw #SEAGames2017 #AyoIndonesia" tulis @imam_nahrawi. Terlihat dalam postingan itu sebuah video yang memperlihatkan Imam Nahrawi sedang memberikan nasehat dan semangat kepada para anggota tim sepak takraw putri Indonesia.

3 dari 3 halaman

20.08.2017 Hari ini, Saya menemukan dua keputusan wasit yang tidak adil dalam pertandingan yang saya datangi, yakni Sepakbola dan Sepak Takraw Putri . Sangat jelas saya menyaksikan keputusan yang merugikan, bagi Evan Dimas, yang sesungguhnya adalah korban namun justru diganjar kartu kuning. Saya meminta pelatih dan manajer Tim Nasional U-22 untuk mengajukan banding atas keputusan ini. . Sementara pada Sepak Takraw Putri, lebih dari 5 kali servis (tekong) yang seharusnya menjadi poin bagi Indonesia, justru dianggap fault dan menjadi keuntungan bagi lawan. . Olahraga mengajarkan kita banyak hal tentang makna menghargai kejujuran dan keadilan. Itulah kenapa lahir kata sportivitas yang menggambarkan makna kata olahraga itu sendiri. . Seharusnya keputusan wasit harus diambil secara jujur dan tidak memihak. Seperti ada rekayasa untuk menghalangi langkah Indonesia. Apakah kemenangan harus diraih dengan cara seperti ini?.-IN . #AyoIndonesia #IntiOlahragaAdalahSportivitas #SEAGames2017

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on

Imam Nahrawi juga menuliskan kekecewaannya atas keputusan wasi dalam pertandingan sepak takraw tersebut ke dalam Instagram. Berbagai tanggapan muncul atas kejadian ini.
"Semangat buat tim #sepaktakrawwanita lebih baik kalah terhormat drpd menang dengan kecurangan" tulis @zaen_ri.
"Harus ambil tindakan yg lebih tegas lagi pak, jgn biarkan atlit2 kita dicurangi terus. Dukung dan support terus atlit2 indonesia #semangatindonesia #semangat45 #indonesiabisa #indonesiajuara!!" tulis @putri.pebriani.
"dan terjadi lagi ....." tulis @bayu_setyo96
"Tidak lanjuti pak gimanasih,kasian atlit kita yanh berjuang #malaysiacurang" tulis @fahrul7muhammad
Bagaimana pendapat kalian guys?


Sumber.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya