1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Inilah, 5 Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Penulis : Kang Aladin

9 Februari 2019 13:12

Inilah, 5 Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Yoga - Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang paling sering dilakukan saat masa-masa kehamilan. Dimana olahraga jenis ini banyak diminati lantaran tidak membutuhkan kekuatan fisik yang berlebih.
 
Yoga untuk bumil berbeda halnya dengan jenis yoga yang dilakukan oleh mereka yang tidak dalam keadaan hamil. Hal ini mengingat adanya janin yang ada dalam kandungan mereka. Jenis yoga yang bisa dilakukan saat hamil disebut dengan prenatal yoga atau yoga hamil.

5 Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Ada begitu banyak manfaat yang bisa bumil dapatkan dari olahraga yang satu ini. Namun, jika ini merupakan pertama kali bumil berlatih yoga dan merasa kelelahan, jangan lupa untuk rehat sejenak di sela-sela latihan. Tak perlu terburu-buru saat berlatih, karena dalam latihan yoga yang terpenting adalah bumil merasa nyaman dan rileks saat dan setelah berlatih. Sehingga manfaat yoga pun akan dirasakan.
Berikut 5 manfaat yoga bagi ibu amil. Di antaranya :

1. Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang

Manfaat yoga bagi ibu hamil yang pertama adalah meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang. Masalah ini cukup umum dialami oleh bumil. Dimana kondisi ini terjadi akibat pertumbuhan janin dalam rahim yang mengakibatkan hilangnya keseimbangan tubuh dan sakit pinggang berkepanjangan.

Nah, banyak gerakan dalam yoga hamil yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh dan membantu merenggangkan otot pinggang.

2. Membantu rileksasi dan lebih mudah beristirahat

Di masa kehamilan, biasanya bumil cenderung merasa cemas sepanjang waktu. Intuisi sebagai calon ibu membuat bumil tak henti-hentinya memikirkan perkembangan janin yang ada dalam kandungan, persiapan lahiran, sampai makanan bernutrisi apa yang akan dicerna setelah melahirkan. Dengan semua pikiran tersebut, tentu akan menyebabkan bumil sering sulit tidur.

Tidak hanya itu, bumil juga akan bertambah cemas saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga kehamilan. Dimana ini akan menyulitkan bumil untuk memilih posisi tidur dan memicu insomnia.

Berlatih yoga hamil secara rutin dan teratur bisa memiliki peran besar untuk membantu anda lebih tenang dan lebih rileks di kala cemas. Anda juga bisa mencegah insomnia dengan mempraktikan gerakan relaksasi atau savasana yang bisa dilatih diakhir kelas yoga disertai dengan mendengarkan musik.

3. Belajar teknik pernafasan lebih baik

Teknik pernafasan sangat dibutuhkan saat anda berbadan dua. Hal ini karena teknik pernafasan akan memberikan efek baik yang tak hanya bagi fisik namun bagi mental anda saat waktunya melahirkan. Dalam proses melahirkan, bernafas yang baik akan membantu anda mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi.

4. Melatih diri dan mempersiapkan area pinggul untuk proses melahirkan

Banyak gerakan dalam yoga hamil yang ditunjukkan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan. Beberapa gerakan seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali untuk membuka area pinggul dan pelvis.

Tak hanya latihan fisik, sering kali ada juga penggabungan persiapkan mental. Misalnya berlatih cara-cara memadukan napas dengan postur dan mengontrol rasa sakit saat proses kontraksi. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk melahirkan secara normal.

5. Menjalin ikatan kuat dengan janin dalam kandungan

Saat berlatih yoga hamil, banyak sekali gerakan yang membuat bayi dalam kandungan merasa nyaman. Sering kali juga instruktur mengarkan cara-cara berkomunikasi dengan janin. Misalnya mengusap perut sebelum memulai yoga dan meminta anda memberitahukan janin bahwa anda dan janin akan bergerak bersama. Dimana hal ini membuat bumil merasa lebih nyaman saat berlatih dan juga membuat bumil terbiasa berkomunikasi dengan bayi.

Perlu anda ingat. Yoga tidak selalu harus dilakukan secara bersama-sama dengan bumil lainnya di dalam ruang studio atau latihan. Bumil juga bisa melakukan yoga didalam rumah secara individu.

Itulah beberapa manfaat yoga bagi ibu hamil. Namun yang pasti, masih ada banyak manfaat lain dari yoga saat masa kehamilan.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : kang-aladin-1023720

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam