1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS

5 Fakta Ira Koesno, Jurnalis Handal yang Jadi Moderator Debat Pilpres 2019

Penulis : Aleolea Sponge

18 Januari 2019 09:08

5 Fakta Ira Koesno, Jurnalis Andal yang Jadi Moderator Debat Pilpres 2019

Planet Merdeka - Jurnalis senior Ira Koesno terpilih menjadi moderator debat pilpres 2019 putaran pertama sehingga membuat publik penasaran dengan fakta tentangnya. Di balik sosoknya yang tegas saat mengemban tugas sebagai moderator debat Capres 2019, terdapat sejumlah fakta Ira Koesno yang layak untuk diketahui.


2 dari 7 halaman

Mengenal lebih dekat dengan jurnalis Ira Koesno

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Ira Koesno, moderator debat Capres 2019, mari kita simak sederet fakta tentangnya. Ira Koesno ditunjuk menjadi moderator debat Capres 2019 putaran pertama yang digelar malam ini (17/1/2018).

Ira Koesno ditunjuk menjadi moderator debat Capres 2019 putaran pertama yang digelar malam ini (17/1/2018). Tak sendiri, ia akan ditemani Imam Priyono untuk memandu acara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Bidakara, Jakarta.

Nama Ira Koesno tentu tak perlu diragukan lagi saat ditunjuk sebagai moderator debat Pilpres 2019. Ia dikenal sebagai presenter yang kritis, tegas, dan cerdas ketika berhadapan dengan narasumber.

Berikut 5 fakta Ira Koesno, moderator debat Capres 2019:


3 dari 7 halaman

1. Awalnya tak berkuliah di bidang jurnalistik

Meski telah sukses sebagai jurnalis, tak disangka ternyata latar belakang pendidikan Ira Koesno justru bukan di jurusan ilmu komunikasi maupun jurnalistik. Ira tercatat sebagai lulusan jurusan Akuntansi di Universitas Indonesia.

Namun, seiring kemajuan kariernya sebagai presenter berita, ia pun melanjutkan pendidikannya di bidang penyiaran. Ira kemudian menjadi lulusan Master of Arts Bidang Film dan Produksi Televisi dari Universitas Bristol, Inggris.

Ia juga berhasil merampungkan pendidikan master di Master of Arts Bidang Jurnalistik Internasional dari Universitas Westminster, London, Inggris.
4 dari 7 halaman

2. Presenter berita dengan segudang prestasi

Ira Koesno merupakan jurnalis senior dan mantan penyiar di Liputan 6 SCTV. Sejak terjun di dunia jurnalistik pada tahun 1990an-an, ia telah dikenal sebagai presenter berita yang cerdas dan kritis.

Ia bahkan beberapa kali meraih penghargaan bergengsi saat berkecimpung di dunia jurnalistik. Mengutip laman Nova.grid.id, Ira Koesno pernah meraih 3 penghargaan bergengsi dari Panasonic Gobel Award.

Ia berhasil berjaya dalam kategori Presenter Informasi dan Berita pada 2003, dan kategori pembawa berita wanita terfavorit tahun 1998 dan 2002.
5 dari 7 halaman

3. Pengusaha di bidang media

Mundur dari dunia penyiaran yang membesarkan namanya, Ira Koesno banting setir menjadi seorang pengusaha. Namun, usahanya ternyata tak jauh dari bidang media.Melalui Instagram @irakoesnocom, diketahui Ira Koesno memiliki bisnis di bidang media dengan nama Ira Koesno Communications yang berlokasi di Jakarta.

Ira Koesno Koesno Communications bergerak di bidang Public Relation and Media Consultant, Marketing Communication, dan Production House.

6 dari 7 halaman

4. Sebelumnya pernah jadi moderator debat Capres

Sempat tak terdengar kabarnya setelah tak lagi menjadi presenter berita di televisi, Ira Koesno muncul kembali ke layar kaca pada tahun 2017 lalu. Ia didapuk menjadi moderator Debat Terbuka Pilgub DKI Jakarta putaran pertama pada Februari 2017.

Kemampuan Ira memoderatori debat didapatkan dari pengalamannya memandu sejumlah program televisi, antara lain program berita, talkshow, dan juga debat di televisi.

Kesempatan memoderatori debat antarcalon yang digelar KPU bukanlah pengalaman pertama bagi Ira Koesno. Ira ternyata pernah menjadi moderator debat Capres pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode 2004-2009 silam.

Kala itu, ia memoderatori 4 pasangan calon, yakni Wiranto dan Salahuddin Wahid, Megawati Soekarnoputri dan Hasyim Muzadi, Amien Rais dan Siswono Yudohusodo, serta Susilo Bambang Yudhoyono dan Muhammad Jusuf Kalla.

7 dari 7 halaman

5. Belum menikah

Memiliki paras cantik di usianya yang telah menginjak 49 tahun, siapa sangka Ira Koesno ternyata belum memiliki tambatan hati. Ira diketahui belum menikah hingga kini.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : aleole

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya