1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Mengusung tema Moving Towards Society 5.0, IDStar Group Gelar Acara Live Virtual 360°

Penulis : Redaksi Harian

26 November 2020 13:37

IDStar Group

Mengusung tema Moving Towards Society 5.0 “Synergizing Human and Technology”, IDStar Group menggelar acara Live Virtual 360° Exclusive Event yang dilakukan lewat Zoom dan YouTube. Acara yang berlangsung selama tiga hari, 9-11 November 2020 ini berjalan sukses.

Webinar ini bertujuan untuk mendukung konsep society 5.0 yang diharapkan dapat menyempurnakan konsep revolusi industri 4.0. Konsep ini dicetuskan oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, pada 21 Januari 2019 lalu sebagai solusi masalah perekonomian serta terobosan baru modern.

Society 5.0 sendiri merupakan suatu konsep yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Konsep ini dibuat untuk membantu dan mempermudah manusia menjalani kehidupan.

Dalam acara ini, IDStar Group menghadirkan pembicara dari berbagai sektor profesi, yakni Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Armand Wahyudi Hartono (Vice President Director BCA), Erwin Muniruzaman (SVP - Head of HR Operation Indosat). Latar belakang pembicara yang berbeda ini membuat materi dan ilmu yang dibagikan beragam, variatif dan lebih informatif.

Live Webinar ini mengangkat tema yang berbeda-beda di setiap sesinya. Namun secara keseluruhan membahas dari sudut pandang Technology, Human and Marketing dan juga penerapan society 5.0 secara nyata.

"Kami memberikan tema yang berbeda-beda setiap harinya, agar peserta mendapatkan ilmu baru di setiap sesi. Selain menambah wawasan, menyampaikan tujuan kami, peserta juga bisa menyampaikan ide dan gagasannya," ujar Angga Wibowo, Project Manager Moving Towards Society 5.0.

Dalam acara Moving Towards Society 5.0 yang dimoderatori oleh Irene Umar (Founder DNC Indonesia), peserta diajak diskusi panel dan presentasi ide yang menarik dari para pembicara. Mulai dari smart city yang terhubung dengan kolaborasi manusia-robot, people reskilling untuk waktu yang lebih cepat dalam pemasaran hingga menciptakan customer experience yang luar biasa.

IDStar yang merupakan perusahaan IT Resource berperan dalam penerapan Society 5.0. Arifa Tan yang merupakan CEO dari IDStar mengungkapkan tujuan diadakannya Event Moving Towards Society 5.0 ini adalah “Bersama kita pasti bisa. Lewat acara ini kita mencoba membawa negara kita bersama-sama pada suatu tujuan masa depan yang menarik, yang menjadikan kita siap menuju global market dan global workforce”.

Drife Solusi Integrasi yang merupakan bagian dari IDStar Group ini perusahaan yang bergerak dalam Digital Transformation. “Di tahun 2020 kami melihat terdapat opportunity untuk mengembangkan automation lebih jauh lagi dengan menggabungkan antara automation dengan machine learning. Oleh karena itu, kami mengeluarkan digital workforce untuk customer kami.” ucap Ferdinand Prasetyo, CEO dari Drife.

Gema Inovasi Teknologi juga merupakan bagian dari IDStar Group yang berfokus pada Human Capital Management sangat menjunjung Society 5.0 ini. Tonny Soeroso yang merupakan CEO dari GIT menyatakan bahwa “Society 5.0 akan selalu berbicara tentang HR Software, karena ini adalah salah satu poin yang akan sangat membantu dari sisi HR untuk memanage data karyawan. Salah satu poin yang penting di HR software adalah Human Capital Management“.

Selain itu, ada juga ONE Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan naungan IDStar, yang berperan sebagai perusahaan “penghubung” antara pendidikan dengan industri, menghadirkan ONE Talent Apps, yaitu sebuah aplikasi mobile yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan karir, khususnya di bidang IT.

Lengkapnya, aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk mencari pekerjaan, mengikuti event online, dan membuat CV nya secara profesional. “ONE Talent Apps merupakan platform untuk semua IT enthusiast.

Orang-orang yang mau belajar dan punya mindset yang tepat serta passion di bagian IT yang mau mencoba untuk reskilling. We are open to you.“ ujar Deddy Ariesandy, Head of Business Development IDStar.

Di samping itu, beliau juga menuturkan bahwa ONE Talent Apps merupakan platform Virtual Employee, yaitu platform bagi karyawan yang dapat melakukan pekerjaan jarak jauh.

Pada hari ketiga berjalannya Moving Towards Society 5.0 merupakan hari yang spesial bagi keluarga IDStar Group, karena pada tanggal 11 November 2020 merupakan hari ulang tahun IDStar yang kedua.

Selain itu, di hari ketiga juga merupakan hari penting karena bertepatan dengan grand launching Karuna Baruna Nusantara yang secara langsung diresmikan oleh Muhammad Neil El Himam yang merupakan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif). Karuna Baruna Nusantara merupakan anggota baru dari IDStar Group yang berfokus pada Digital Center di Indonesia.

“Karuna Baruna Nusantara memiliki misi yang sangat luar biasa meliputi Love Encompass Nation yang artinya adalah Kasih Meliputi Nusantara, itu yang menjadi dasar Karuna Baruna Nusantara berdirinya digital center Indonesia.” Ungkap Brenda Regina Hansen yang merupakan CEO dari Karuna Baruna Nusantara.

Adanya komunikasi dua arah antara pembicara dan peserta, dapat terlihat seberapa jauh peserta memahami materi yang disampaikan. Serta memproyeksikan kesuksesan acara ini dalam menerapkan konsep society 5.0 pada masyarakat.

Untuk memberikan experience yang berbeda, IDStar Group melalui webinar ini mengajak para peserta tour mengelilingi booth yang sudah disediakan, menggunakan platform virtual 360° exhibition. Langkah ini sebagai pengenalan awal konsep society 5.0 pada peserta agar kedepannya semakin antusias dalam turut serta menerapkan konsep ini.

“Moving Towards Society 5.0 adalah virtual event yg menarik dan interaktif dengan memberikan pengetahuan, sharing knowledge dalam era tranformasi digital serta dapat memberikan solusi bisnis untuk strategi bisnis ke depan di era pandemic covid 19. Maju terus IDstar, ditunggu next event nya. ” ungkap Alif Yusuf, IT Mgr, ujar salah satu peserta.

Keberhasilan Live Webinar IDStar Group tak luput dari dukungan para sponsorship. Pertama kepada IDStar Group, Karuna Baruna Nusantara, Kemenparekraf, MASATA, BCA, Adira, ICCN, Indosat, Genesys, Oracle, OutSystems, TIBCO, UiPath, Adobe, Transjakarta, ADirect, Ladara, Epic Bali, Mitrasoft, Binus, My Icon Technology, Alona dan TMRW by UOB.

Bagi masyarakat yang tidak berkesempatan hadir dalam Live Webinar yang diadakan IDStar Group ini, bisa mengunjungi YouTube Channel Orbit Nasional Edukasi untuk siaran ulang event Moving Towards Society 5.0.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : redaksiharian

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya