1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Pengaruh Audit Manajemen Terhadap Kinerja Perawat dan Pegawai Rumah Sakit di Masa Pandemi Covid-19

Penulis : Rehka Septia Rahmah

23 Januari 2021 00:04

Pengaruh Audit Manajemen Terhadap Kinerja Perawat dan Pegawai Rumah Sakit di Masa Pandemi Covid-19

Audit Manajemen merupakan pengevaluasian suatu efisiensi dan efektivitas operasi pada suatu tempat institusi/perusahaan yang dirancang untuk mengaudit program, aktivitas, atau sebagian entitas yang bisa diaudit untuk dinilai lalu dilaporkan, apakah sumber daya dan dana telah digunakan secara efisien dan tepat sasaran, serta tidak melanggar ketentuan aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan institusi/perusahaan.

Evaluasi terhadap aktivitas SDM yang terjadi pada perusahaan/institusi dalam rangka memastikan apakah aktivitas tersebut telah berjalan secara ekonomis, efisien dan efektif untuk mencapai tujuannya dan memberikan evaluasi perbaikan atas kekurangan yang masih terjadi pada aktivitas SDM yang diaudit untuk meningkatkan kinerja dari program/aktivitas tersebut. manajemen fungsi SDM meliputi fungsi-fungsi perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,pengendalian,pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan dan pemberhentian.

Rumah Sakit itu sendiri merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Di masa pandemi Covid-19 ini peran rumah sakit sangatlah penting, tiap rumah sakit di Indonesia yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 harus siap dengan segala fasilitas untuk menangani Covid-19, dimulai dari APD (Alat Pelindung Diri), obat yang disiapkan, ruang isolasi, alat ventilator, perawat, dokter, hingga pegawai rumah sakit lainnya yang turut menjalankan operasional rumah sakit. Penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona ini memerlukan penanganan yang intensif, mulai dari obat yang dikonsumsi, makanan hingga alat penunjang kesembuhan, oleh karena itu, metode isolasi orang yang terjangkit corona memerlukan perhatian khusus terutama di Rumah Sakit.

Disini peran perawat atau pegawai rumah sakit sangatlah penting dalam penanganan pasien terjangkit Covid-19. Tapi tidak terlupa penanganan pasien non Covid, pasien yang tidak terjangkit Covid-19 juga harus ditangani dengan benar, mulai dari penanganan penyakit masing-masing hingga administrasi. Menurut saya Audit Manajemen sangat diperlukan dalam kasus kali ini, Audit Manajemen sangat diperlukan guna mengaudit program dan aktivitas di dalam rumah sakit terutama pekerja di dalam rumah sakit, dimana yang dibahas saat ini yaitu perawat dan pegawai.

Perawat merupakan tenaga kerja rumah sakit garda terdepan dalam penanganan Covid-19, kinerja tiap perawat sangat perlu diapresiasi terutama di masa pandemi ini dengan pemberian insentif. pemberian insentif juga perlu diawasi, dimana hal ini mempengaruhi kinerja mereka, tidak lupa dengan keselamatan mereka juga yaitu ketersediaan fasilitas APD (Alat Pelindung diri).
Berikut alasan diperlukannya penilaian kinerja:
  1. Penilaian kinerja memberikan informasi bagi pertimbangan pemberian promosi dan penetapan gaji.
  2. Penilaian kinerja memberikan umpan balik bagi para manajer maupun karyawan untuk melakukan introspeksi dan meninjau kembali perilaku selama ini, baik yang positif maupun negatif untuk kemudian dirumuskan kembali sebagai perilaku yang mendukung tumbuh berkembangnya budaya organisasi secara keseluruhan.
  3. Penilaian kinerja diperlukan untuk pertimbangan pelatihan dan pelatihan kembali serta pengembangan.
  4. Penilaian kinerja dewasa ini bagi setiap organisasi khususnya organisasi bisnis merupakan suatu keharusan, apalagi jika dilihat.
Hasil penilaian kinerja lebih jauh akan menjadi bahan masukan bagi pemerintah dalam melihat bagaimana kondisi perusahaan tersebut.
Dengan adanya penilaian kinerja, menghasilkan manfaat penilaian kerja diantaranya :

  1. Mengelola operasi organisasi secara efektif dan efisien melalui pemotivasian karyawan secara maksimum.
  2. Membantu pengambilan keputusan yang bersangkutan dengan karyawan, seperti promosi, transfer dan pemberhentian.
  3. Mengidentifikasikan kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan dan untuk menyediakan kriteria seleksi dan evaluasi program pelatihan karyawan.
  4. Menyediakan umpan balik bagi karyawan mengenai bagaimana atasan mereka menilai kinerja mereka.
  5. Menyediakan satu dasar bagi distribusi penghargaan.
Kinerja tenaga kesehatan di rumah sakit sudah berjalan cukup efektif di masa pandemi ini, namun pada tiap institusi diperlukan audit manajemen SDM guna menghasil evaluasi kinerja yang baik untuk sekarang hingga kedepan. Rumah sakit merupakan institusi yang sangat penting untuk menunjang kesembuhan masyarakat terjangkit Covid-19. Audit Manajemen berperan sangat penting juga untuk kesejahteraan tenaga kesehatan dan pasiennya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rehka-septia-rahmah

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya