1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Sudah banyak berubah, Ini penampkan asli sumur ZamZam

Penulis : Aleolea Sponge

19 Mei 2017 08:42

agi para umat Islam, yang mana penuh dengan petuah dari masa lalu yang jika ditelisik satu persatu, maka berjuta hikmah yang baik pasti bisa didapat dari setiap kejadian yang ada. Memang di dalam perkembangan agama Islam sendiri, sudah banyak hal ataupun peristiwa yang berlalu dan seakan ikut menyongsong agama yang diridhai Allah SWT ini.

Salah satunya ialah air Zamzam. Lantas, siapa dari kaum Muslim yang tak mengetahui perihal dari air istimewa satu ini? Ternyata apa yang kita lihat sekarang sungguhlah berbeda jika dibandingkan masa lalu. Seperti salah satunya sumur yang menampungnya pada zaman dahulu sungguh tak terduga!

Air Zamzam jadi satu diantara sisi utama dari perjalanan sejarah Islam yang panjang. Air ini dipercaya sebagai air suci yang menaruh manfaat dan keberkahan sendiri untuk umat muslim yang meminumnya. Hal semacam ini tidak lepas dari momen utama yang melatarbelakangi kemunculan air Zamzam. sekitaran 4000 tahun yang lalu.

Saat itu, Nabi Ibrahim AS berbarengan istrinya Siti Hajar dan putranya yang masihlah bayi, Ismail, datang dan bermukim di satu gurun yang gersang dan tandus. Tidak ada satupun manusia yang pernah menghuni gurun itu. Satu saat Ibrahim AS pergi untuk sebagian lama meninggalkan istri dan anaknya itu. Persediaan makanan serta minuman mereka juga habis. Bahkan juga ASI Siti Hajar juga mengering.

Hidup ibu dan anak lelaki itu terancam kehausan serta kelaparan. Siti Hajar lalu berupaya mencari air dengan berlari-lari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah sambil memohon pada Allah. Sesudah 7 kali berlari-lari pulang pergi, terjadi keajaiban. Air memancar diantara ke-2 kaki putranya. Hal itu sudah pasti atas kehendak Allah SWT yang memerintahkan Malaikat Jibril untuk menghentak bumi sampai terpancarlah air yang kini dikenal air Zamzam.

Beberapa tahun lalu, Nabi Ibrahim AS datang dan segera bersujud pada Allah. Beliau lalu bangun dan meninggikan kembali Baitullah dibantu anaknya Ismail. Lalu, jadikan tempat itu sebagai tempat beribadah pada Allah SWT. Sumur mata air Zamzam itu terdapat di lokasi yang saat ini jadi Masjidil Haram, tepatnya di samping Tenggara Kabah.

Nah penasaran dengan penampakan asli sumur air Zamzam yang pasokan airnya tidak pernah habis mulai sejak 4000 th. lalu itu? Begini wujudnya.

2 dari 2 halaman
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : aleole

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam