1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. BACKPACKER
Berkunjung ke Sumatera Barat, Jangan Lupa Singgahi 5 Danau Menakjubkan ini

Penulis : Wiki Pebrianto

19 Juli 2020 23:54

Danau di Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi Para Backpacker

Berbicara mengenai tempat wisata alam yang indah, Sumatera Barat adalah salah satu sarangnya di Indonesia. Ini dibuktikan dari banyaknya destinasi wisata yang menakjubkan di provinsi ini.

Tak terelakkan pula sebuah fakta bahwa geografis Sumbar yang 45,17% masih tertutupi hutan lindung, menjadikan provinsi ini sebagai daerah yang kaya akan potensi wisata, terutama pada sektor alam seperti gunung, air terjun, cagar alam dan lainnya.

Nah, salah satu objek yang sangat terkenal bahkan dijadikan ikon wisata dari provinsi ini adalah Danau. Nah, berikut adalah informasi mengenai daftar Danau di Provinsi Sumatera Barat yang wajib kamu datangu bila berkunjung ke sini :

1. Danau Singkarak

Singkarak merupakan sebuah danau yang berada di dua kabupaten, yakni Tanah Datar dan Solok. Danau ini memiliki panjang sekitar dan 20 km, dengan lebar 6.5 km, dengan luas sekitar 107,8 kmĀ².

Selain sebagai sektor wisata, danau Singkarak juga memiliki peran penting dalam sektor ekonomi bagi daerah sekitarnya, bahkan untuk kabupaten ini, mulai dari mata pencarian hingga ke pembangkit listrik tenaga air.

Danau ini dikelilingi pegunungan dengan hutan hijau yang indah, serta penampakan air danau yang biru dan tenang. Selain itu, banyak pula objek wisata perbukitan yang ditujukan sebagai spot untuk menyaksikan keindahan danau ini dari ketinggian.

2. Danau Maninjau

Danau Di Sumatera Barat yang kedua adalah Danau Maninjau, berlokasi di Kecamatan Tanjung Rayaini, Kabupaten Agam. Danau ini memiliki panjang sekitar 16 km, dengan lebar 7 km dan berada di ketinggian +600 mdpl.

Danau ini dikelilingi oleh pemukiman penduduk, pegunungan dan alam eksotis yang masih sangat terjaga. Ditambah dengan udara segar yang pasti membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sini.

Tempat terbaik untuk melihat keindahan danau Maninjau adalah dari Puncak Lawang. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menempuh rute kelok 44 dan sampai di kotamadya kawasan Bukittinggi. Selain itu, kamu juga bisa menyantap berbagai kuliner khas ranah Minang.

3. Danau Kembar

Berikutnya adalah Danau Diatas dan Dibawah yang juga dikenal dengan nama Danau Kembar, lokasinya berada di Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Meski dinamai danau kembar, namun juga terdapat perbedaan keduanya.

Perbedaan tersebut meliputi ukuran, letak dan ketinggiannya. Untuk potensi wisata, danau Diatas jauh lebih diminati dan ramai dikunjungi, ini juga karena perbedaan persediaan fasilitas dan akses menuju ke lokasi.

Untuk soal pemandangan, keduanya sama-sama menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. Apalagi jika dilihat dari ketinggian, bentangan alam dengan landskap pegunungan hijau akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

4. Danau Talang

Masih berlokasi di Kabupaten Solok, Danau Talang menjadi salah satu spot wisata terbaik di sana, lokasinya berada di Nagari Alahan Panjang. Ini merupakan danau Vulkanik yang sangat indah dan menawan.

Danau Talang berada di ketinggian +1000 meter di atas permukaan laut. Meski begitu, danau ini selalu dipadati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara setiap harinya, terlebih ketika hari libur / cuti.

Danau ini menyajikan pemandangan air yang biru, pegunungan dengan hutan hijau yang luas serta udara sejuk. Kamu juga bisa mencicipi berbagai santapan kuliner ala Minangkabau yang menggugah selera.

5. Danau Laut Tinggal

Danau Di Sumatera Barat yang menjadi spot wisata paling ramai adalah Danau Laut Tinggal, lokasinya berada di Jorong Sitabu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat.

Dikutip dari website Minangku.com, danau Laut Tinggal ini berada di ketinggian 1940 mdpl dan berdiameter sekitar 3 km. Danau ini menampilkan air danau yang hijau tosca serta dikepung oleh barisan gunung Bukit Barisan disekelilingnya.

Bersumber dari website yang sama juga, ada 2 rute umum yang bisa kita pilih untuk sampai ke tepi danau, yakni dari Nagari Rabi Jonggor dan Nagari Roba Jalu, Kabupaten Pasaman Barat.

Akhir Kata

Demikian, informasi mengenai Danau Di Sumatera Barat yang bisa kamu jejaki ketika berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat. Silakan ukir momen indahmu bersama danau-danau menawan yang ada di sini.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : wiki-pebrianto

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya