1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. NGAKAK
Hanya Pakai Bahasa Inggris, Harga 3 Singkong Goreng Rp 155 ribu

Penulis : imron

28 Oktober 2019 12:17

Banyak usaha kuliner yang menawarkan berbagai menu makanan dengan harga dari yang kelas kaki lima hingga hotel berbintang.

Planet Merdeka - Bicara tentang kuliner, tentunya banyak orang yang menginginkan kelezatan dengan budget yang terjangkau oleh isi dompet.

Di Jakarta sendiri banyak usaha kuliner yang menawarkan berbagai menu makanan dengan harga dari yang kelas kaki lima hingga hotel berbintang.

Bahkan biar terlihat elit hingga bisa menaikkan harga, sejumlah penjual mengganti kemasan atau menggantinya dengan bahasa asing agar terlihat mewah dan menaikkan harga jual. Contohnya seperti Es Teh Manis jika beli di Warteg harganya kisaran Rp 3500, sementara kalau diganti dengan bahasa inggris Ice Tea, harganya mencapai Rp6000.

2 dari 4 halaman

Makanan dengan harga selangit

Baru-baru ini viral di sosial media yang memperlihatkan daftar menu makanan di sebuah restoran dan menarik perhatian netter. Dalam unggahan menu tersebut memperlihatkan sejumlah daftar menu makanan yang harganya dibanderol hingga tak masuk akal.

Pada menu di bagian "Jakarta Favourites" memperlihatkan daftar makanan yang biasa ditemui di pinggir jalan, seperti gorengan singkong, tahu, dan bakwan jagung.

Jika di penjual gorengan pinggir jalan cukup merogoh kocek Rp10,000 sudah bisa dapat 10 macam gorengan, namun di menu tersebut Rp 155,000 hanya mendapatkan beberapa biji gorengan singkong. Tidak hanya itu saja Tahu Goreng dan Bakwan juga dibandrol dengan harga yang sama dalam dafatar menu tersebut.

3 dari 4 halaman

Harga singkong goreng 3 potong singkong goreng yang telah ditambah biaya tax, menjadi Rp 187.550.

Menariknya lagi, Gado-gado jika dipinggir jalan bisa didapatkan cukup dengan membayar Rp 15,000, namun di menu tersebut kita harus mengeluarkan biaya Rp 175,000. Padahal dalam menu tersebut, hanya diganti bahasanya dengan bahasa Inggris, steamed vegetable salad with peanut sauce (gado-gado).

Meski begitu, singkong goreng dihargai Rp 155 ribu adalah menu makanan yang paling mahal untuk kategori tersebut.

Sementara itu, di foto kedua, memperlihatkan 3 potong singkong goreng yang telah ditambah biaya tax, menjadi Rp 187.550.

Melihat unggahan tersebut, tak sedikit netter kesal karena harga yang dibanderol tidak sepadan.

4 dari 4 halaman

Komentar netter.


Netter pun ada yang mengomentari jika harga singkong tersebut terlalu mahal.

"Ini piringnya aja sama kayak di rumah gue," tulis akun mspotcato

"Btw piringnya sm kek yg dirumah, hadiah detergent." tulis akun Rohma Suprianto.

"Yang bikin mahal itu bahasa inggrisnya guys " Enggar Agastio Renaldy

"Ini pasti gara-gara menunya pakai bahasa Inggris nih," ungkap @NabilaHaidiS
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : imron

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam