1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. NGAKAK
Ngaku Cerdas? Coba Pecahkan Soal ini Dulu! Dijamin Berubah Pikiran Deh!

Penulis : Anggi Dameria Pangli

17 April 2017 08:13

Di suatu olimpiade Matematika untuk remaja di Singapura, soal ini menjadi salah satu pertanyaan (Tenag, udah di-translate kok). Kalau soal ini jadi salah satu soal Ujian Nasional, kira-kira kamu bisa jawab nggak ya?

INGAT: Adi cuma tahu bulannya, sementara Bejo cuma tahu tanggalnya.
“14 Agustus!”

“16 Mei, kalik ”

“17 Agustus deh biar sama kayak hari kemerdekaan,”

Tebak aja terus…
Bingung!!!

Kalau pingin tahu jawaban dan bagaimana cara pengerjaannya, terusin baca sampai bawah. Tapi, kalau kamu masih berhasrat mengerjakan sendiri. Silahkan mencoba!

Sudah menyerah?
 
 
Jawabannya…
Kasih tahu gak ya…
Hehehe, kita coba bahas bareng ya, anak-anak…



Sejauh ini, yang kita tangkap dari soal di atas adalah: Adi tahu bulan berapa Cindil berulang tahun, sementara Bejo tahu tanggalnya doang.

Waktu Cindil membocorkan nama bulannya ke telinga Adi, Adi langsung yakin kalau Bejo pasti juga gak tahu jawab yang benar yang mana. Itu artinya, jawaban yang paling benar bukanlah angka yang cuma muncul sekali di antara 10 pilihan di soal. Kalau emang benar tanggalnya 18 atau 19, Bejo pasti langsung tahu birthday-nya Cindil, karena angka 18 dan 19 cuma muncul sekali yakni, 18 Juni dan 19 Mei.

Sejauh ini mengerti? Kalau begitu kita coret dulu 18 Juni dan 19 Mei.


Jadi, gimana bisa Adi, yang cuma tahu nama bulannya doang, bisa yakin banget kalau Bejo gak bakal bisa ngasih jawaban yang benar?

Karena dia tahu, Cindil gak lahir di bulan Mei maupun Juli.

Jadi, kita coret semua jawaban yang mengandung nama bulan Mei dan Juni.

Sekarang, giliran Bejo. Dia bilang pada awalnya dia gak tahu, tapi sekarang dia sudah tahu. Kenapa dia tiba-tiba bisa tahu? Dapat wasiat? Bukan. Karena dia mengikuti logika yang dipakai Adi, dan dicoretnya bulan Mei dan Juni memberinya sedikit petunjuk.

Karena Bejo sudah tahu jawabannya, langkah kita selanjutnya adalah mencoret tanggal lahir yang berisi angka 14. Karena angka tersebut muncul dua kali di bulan yang terpisah. Gak mungkin kan Cindil lahirnya dicicil separo-separo?

Sekarang kita coret 14 Juli


Nah, gara-gara Bejo udah tahu jawabannya, tiba-tiba Adi juga punya jawabannya. Ya iyalah, dia kan udah tahu bulannya apa. Jadi dia tinggal meneruskan cara pikir Bejo di atas. Dan Adi (sama kayak kita) tahu kalau jawabannya salah satu dari tiga pilihan tersisa.

Kalau pun Cindil lahir bulan Agustus, Adi pasti masih bingung karena ada dua tanggal di bulan Agustus. Tapi, karena Adi sendiri bilang “Kalau begitu aku juga tahu kapan Cindil ultah!” itu artinya dia sudah tahu tanggal dan bulannya. Dan jawaban yang tersisa adalah…

Cindil ulang tahun di tanggal 16 Juli!

Yey! Akhirnya terpecah sudah misteri ini.

sumber

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : anggi-dameria-pangli

ARTIKEL SEJENIS

KOMENTAR ANDA

ARTIKEL LAINNYA

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam

Laporan anda sudah kami terima.