Wamenekraf Apresiasi Global Game Jam 2025 dan Dorong Game Lokal Mendunia
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar, memberikan apresiasi terhadap Global Game Jam 2025 di Bogor dan menekankan pentingnya pengembangan game lokal Indonesia agar dapat bersaing di pasar internasional.
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenekraf) Irene Umar menunjukkan dukungan penuh terhadap industri game lokal Indonesia dengan memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Global Game Jam (GGJ) 2025. Acara yang berlangsung di Bogor ini menjadi momentum penting dalam pengembangan industri game tanah air agar dapat bersaing di kancah internasional. Pernyataan dukungan ini disampaikan langsung oleh Wamenekraf pada Jumat, 24 Januari 2025.
Wamenekraf Irene menekankan bahwa era saat ini menuntut perubahan paradigma dalam memandang industri game. Bukan lagi sekadar hiburan, game lokal Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak ekonomi kreatif dan dikenal di pasar global. Menurutnya, potensi pasar game, khususnya yang berbasis lokal, sangat besar dan perlu didorong untuk berkembang pesat.
Dalam kunjungannya ke GGJ 2025, Wamenekraf Irene didampingi oleh Kasubdit Pemasaran dan Komersialisasi Gim Kemenekraf, Iman Argiyono. Indonesia, kata Wamenekraf, memiliki potensi pasar game yang sangat besar. Oleh karena itu, pengembangan game lokal menjadi kunci untuk memperkuat ekosistem industri game dalam negeri dan mendorong kreativitas tanpa batas.
Kemenekraf sendiri aktif mendukung subsektor ekonomi kreatif game. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan menyediakan game corner di Bandara Soekarno-Hatta dan memberikan pengalaman bermain PlayStation kepada tamu di Artotel. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkenalkan game lokal kepada masyarakat luas.
Wamenekraf Irene menambahkan, "Main gim itu bisa melatih fokus. Ini waktunya kita bisa showcase buat gim lokal agar banyak orang yang mau main gim. Global Game Jam 2025 menjadi acara bareng yang seru untuk share ide tentang gim yang akan dibuat prototipenya dan regenerasi talenta kreatif dari daerah bakal berkembang. Dari sini, ekonomi kreatif tumbuh dan bisa jadi penggerak bangsa."
GGJ merupakan ajang tahunan global yang menantang para pengembang game untuk menciptakan game dalam waktu 48 jam. Acara ini mendorong kolaborasi, kreativitas, dan inovasi dalam industri game. Tahun ini, GGJ diselenggarakan di 12 kota di Indonesia, termasuk Bogor.
GGJ 2025 di Bogor, khususnya, menjadi ajang pencarian bakat game developer dan membuka peluang besar bagi pengembangan game lokal. Para peserta berkolaborasi, bertukar ilmu dan pengalaman, serta menciptakan game dengan tema "BUBBLE". Selain itu, acara ini juga menjadi wadah serah terima katalog potensi game lokal untuk mendukung pengembangan game berkualitas.
Rispiaga, Kepala Bidang Industri Pariwisata Provinsi Jawa Barat, menyampaikan harapannya agar GGJ 2025 dapat menginspirasi para peserta dan komunitas game. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi pentahelix dalam pengembangan industri game di Indonesia. Acara yang diselenggarakan di Bogor Creative Center, yang dikelola oleh komunitas lokal, semakin memperkuat kolaborasi antar berbagai pihak.