1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEJARAH
Peristiwa G30S PKI Menjadi Trending Topic, Netter: Sejarah Kelam Jangan Sampai Terulang

Penulis : Yuli Astutik

30 September 2021 15:25

Planet Merdeka - Kejadian G30S/PKI sampai sekarang  masih menjadi salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia, di mana gerakan pengkhianatan yang dijalankan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk merebut kekuasaan pemerintah.

Dalam peringatan 30 September 2021 kali ini, dari kolom pencarian kata kunci G30S PKI terpantau menduduki Trending Topic Twitter Indonesia dengan cuitan sebanyak lebih dari 14.900 tweet.

Dalam cuitan tersebut, banyak pengguna media sosial yang saling mengingatkan bahwa sejarah seperti itu tak boleh terulang kembali di Indonesia. 

Tak cuma itu, sebagian warganet juga menyuarakan agar peristiwa G30S/PKI tak boleh terlupakan dan generasi penerus harus terus diedukasi terkait kejadian tersebut.

"Bagi kalian semua generasi penerus hingga kaum milenial di Indonesia tidak boleh melupakan sejarah tentang masa kelam G30S PKI menimpa Indonesia sejak 30 September 1965," tulis akun @hshsusanto1.

Warganet lainnya pun ikut mengajak untuk mendoakan para korban, yang mencakup tujuh perwira tinggi militer Indonesia dan beberapa orang lain yang dibunuh dalam usaha kudeta ini.

2 dari 3 halaman

"Mari kita mengheningkan cipta sejak, sekaligus mendoakan para pahlawan G30S PKI, semoga mereka berada di tempat terbaik di alam sana," komentar @Alejandro5173.

"'G30S PKI' Berdoa sejenak untuk pahlawan-pahlawan kita yang sudah gugur atas keganasanya PKI yang sudah berkorban untuk nama bangsa Indonesia. #g30spki1965,"tambah @Xxxiem1.

"Sejenak kita tundukkan kepala

sambil berdoa, agar peristiwa kelam G30S/PKI tahun 1965, jangan terulang lagi di negeri ini. Say no to PKI. #NKRImelawanPKI," ungkap @Rowjack_212.

3 dari 3 halaman

"Marilah kita mengheningkan cipta sekaligus mendoakan para pahlawan kita, semoga mereka berada di tempat terbaik disisi Tuhan. Aamiin. G30S PKI," cuit @ris_s_.

Dalam tlisan sejarah, dipercaya bahwa ada sebagian hal yang membuat peristiwa G30S/PKI terjadi, seperti beredarnya isu kudeta Presiden Soekarno, perpecahan di dalam badan militer, sampai terpengaruh perang dingin.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : yuli-astutik

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya