1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Pahit! Liverpool Harus Kalah di Kandang Sendiri melawan Tim dengan 10 Pemain

Penulis : hendra budi

9 Maret 2022 06:19

Tidak terasa Liga Champions 2021-2022 telah sampai di laga 16 besar. Salah satu laganya adalah pertandingan antara Liverpool Vs Ibter Milan.

Liverpool terpaksa harus mengalami kekalahan pahit dikandang sendiri di ajang Liga Champions 2021-2022 setelah kalah di laga leg kedua babak 16 besar melawan Inter Milan dengan kekalahan 0-1.

Laga Liverpool vs Inter Milan Leg kedua ini telah digelar di Stadion Anfield, pada Rabu (9/3/2022) dini hari waktu indonesia barat.

Inter Milan berhasil memenangkan pertandingan berkat satu gol yang bersarang di gawang The Reds dicetak oleh Lautaro Martinez pada menit ke-61.

Namun meski mengalami kekalahan, Liverpool berhak maju ke perempat final Liga Champions karena unggul agregat 2-1 atas Inter Milan. Pada pertandingan sebelumnya di leg pertama di markas Inter Milan, Liverpool berhasil meraih kemenangan 2-0.

Sebelum masuk ke ulasan pertandingan, berikut susunan pemain dari liverpool dan Intermilan dalam laga tersebut

2 dari 4 halaman

Liverpool

Liverpool (4-3-3):

1-Alisson Becker; 66-Trent Alexander-Arnold, 32-Joel Matip, 4-Virgil van Dijk, 26-Andrew Robertson; 17-Curtis Jones (8-Naby Keita 65'), 3-Fabinho, 6-Thiago Alcantara (14-Jordan Henderson 65'); 11-Mohamed Salah, 20-Diogo Jota (23-Luis Diaz 83'), 10-Sadio Mane

Cadangan:

13-Adrian, 62-Caoimhin Kelleher, 7-James Milner, 8-Naby Keita, 12-Joe Gomez, 14-Jordan Henderson, 15-Alex Oxlade-Chamberlain, 18-Takumi Minamino, 21-Konstantinos Tsimikas, 23-Luis Diaz, 27-Divock Origi, 67-Harvey Elliott

Pelatih: Juergen Klopp

3 dari 4 halaman

Inter Milan

Inter Milan (3-5-2):

1-Samir Handanovic; 37-Milan Skriniar, 6-Stefan de Vrij (33-Danilo D'Ambrosio 46'), 95-Alessandro Bastoni; 2-Denzel Dumfries (36-Matteo Darmian 75'), 22-Arturo Vidal, 77-Marcelo Brozovic (5-Roberto Gagliardini 75'), 20-Hakan Calhanoglu (8-Matias Vecino 84'), 14-Ivan Perisic; 10-Lautaro Martinez (19-Joaquin Correa 75'), 7-Alexis Sanchez

Cadangan:

21-Alex Cordaz, 97-Ionut Radu, 5-Roberto Gagliardini, 8-Matias Vecino, 9-Edin Dzeko, 13-Andrea Ranocchia, 18-Robin Gosens, 19-Joaquin Correa, 32-Federico Dimarco, 33-Danilo D'Ambrosio, 36-Matteo Darmian, 88-Felipe Caicedo.

Pelatih : Simone Inzaghi

4 dari 4 halaman

Highlight Pertandingan

Inter Milan Memasuki tahap 16 besar Liga Champions 2021 2022 ini dengan misi mustahil di Anfield kali ini. Soalnya, Inter Milan sudah kalah 0-2 dari Liverpool pada leg pertama di markas mereka sendiri di Giuseppe Meazza, tanggal 17 Februari lalu.

Akibatnya, selain menang mereka dituntut mengejar defisit gol, jadi mereka harus nisa menang dengan skor tertentu untuk bisa melaju ke babak berikutnya.

Strategi yang diambil Inter Milan otomatis adalah strategi menyerang untuk bisa mencapai target tersebut. Itu terlihat dari line up Inter milan. Simone Inzaghi menginginkan Inter main cepat untuk mencetak gol kilat dengan menggunakan formasi 3-5-2.

Untuk itu Alexis Sanchez langsung diturunkan sejak menit awal untuk menemani Lautaro Martinez di depan. Sementara, Edin Dzeko, yang bisa bertandem dengan Lautaro, disimpan di bangku cadangan.

Pada awal babak pertama, Inter Milan berusaha memegang bola selama mungkin dan membuat banyak peluang dengan menyerang lewat kedua sisi sayap.

Peluang pertama untuk Inter milan hadir ketika laga baru berjalan tujuh menit. Crossing dari Ivan Perisic disundul oleh Arturo Vidal, tetapi tidak sempurna dan gagal menjadi goal.

Bola liar lalu lalu disepak Denzel Dumfries dari luar kotak penalti. Namun karena terlalu lemah, bola hasil sepakan Dumfries bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Liverpool Alisson Becker.

Sementara Inter Milan memainkan ball possession, tuan rumah Liverpool melawannya dengan melakukan pressing tinggi di area pertahanan lawan sehingga inter milan kesusahan memulai penyerangan.

Serangan balik cepat juga menjadi andalan armada Juergen Klopp untuk mengancam pertahanan Inter Milan.

Liverpool menghasilkan shot on target pertama mereka pada menit ke-16. Umpan sepak pojok Trent Alexander-Arnold ditanduk Virgil van Dijk yang berdiri cukup bebas di dalam kotak penalti Inter. Sayangnya, sundulan bek berkebangsaan Belanda itu kurang bertenaga sehingga Kiper Inter Samir Handanovic pun melakukan penyelamatan dengan mudah.

Pertandingan sempat dihentikan sementara pada menit ke-22 oleh wasit Mateu Lahoz sebelum dilanjutkan kembali empat menit kemudian. Tak berselang lama setelah laga restart, Liverpool gantian menguasai permainan.

The Reds nyaris saja mencetak gol pada menit ke-31. Umpan tendangan bebas Alexander-Arnold dari sisi kiri dsambut tandukan Joel Matip. Akan tetapi, upaya Joel Matip digagalkan oleh tiang gawang Inter Milan.

Pada menit ke-42, Inter mendapat peluang emas via tendangan bebas Hakan Calhanoglu tepat di depan kotak penalti Liverpool. Sayangnya, peluang itu tidak berbuah gol setelah free kick Calhanoglu berhasil ditepis kiper Liverpool Alisson Becker.

Kedua tim akhirnya menutup babak pertama dengan skor kacamata alias 0-0.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan Liverpool vs Inter Milan masih tinggi.

Liverpool lebih dulu mengancam lewat tendangan jarak jauh Alexander-Arnold pada menit ke-48 yang masih bisa diamankan Handanovic.

Empat menit berselang, umpan Thiago Alcantara disapu tidak sempurna oleh kiper Inter Milan. Bola liar jatuh di dekat Mohamed Salah. Mo Salah langsung melepas sepakan kaki kiri mendatar, tetapi belum berbuah gol karena bola membentur tiang gawang dari inter.

Inter Milan kembali mengancam pertahanan liverpool pada menit ke-59. Lautaro Martinez melepas sepakan mendatar dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari rekannya. Namun tendangan kerasnya tendangan Lautaro sedikit membentur kaki Van Dijk, sehingga bola berbelok arah dan mengarah ke samping gawang Liverpool.

Setelah gagal pada kesempatan pertama, Lautaro Martinez akhirnya bisa mencetak gol untuk Inter pada menit ke-61. Meneruskan umpan mendatar Alexis Sanchez, Lautaro Martinez melepas tendangan keras yang berakhir di pojok kiri atas gawang Alisson Becker.

Gol Lautaro Martinez tersebut membuat Inter unggul 1-0, tetapi secara agregat inter milan masih tertinggal 1-2 dari Liverpool.

Nasib Sial menimpa Inter, pasalnya pada pertandingan itu Dua menit setelah mencetak gol, mereka harus bermain dengan 10 orang karena Alexis Sanchez diganjar kartu kuning kedua oleh wasit.

Pemain asal Chile itu diusir keluar lapangan setelah melancarkan tekel berbahaya ke gelandang jangkar Liverpool Fabinho.

Sebelumnya, Alexis Sanchez sudah mengantongi kartu kuning lebih dulu pada babak pertama.

Setelah Inter kekurangan jumlah pemain, Liverpool langsung meningkatkan tempo serangan mereka.

Pada menit ke-77, sepakan dari Mohamed Salah kembali meroket namun menerpa mistar gawang. Ini berarti sudah ada tiga peluang Liverpool yang gagal berbuah gol karena tiang gawang lawan.

Sisa waktu babak kedua tidak mampu dimanfaatkan Liverpool untuk mencetak gol balasan dan mereka pun harus mengakui kekalahan 0-1 dari Inter.

Meskipun begitu, Liverpool tetap akan melaju ke perempat final Liga Champions karena unggul agregat 2-1 atas Inter Milan.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : hendra-budi

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya