1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Banteng Pringgodani, Ingin Olah Raga Hockey Populer dan Diminati Masyarakat Indonesia

Penulis : OctaWilly

12 Oktober 2018 21:36

Ia menilai prestasi olahraga Indonesia belum maksimal, terutama dari cabang Hockey.

Planet Merdeka - Salah satu mantan atlet nasional yang sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia, Banteng Pringgodani, merasa terpanggil untuk membangun kebanggaan olahraga Indonesia terutama cabang olahraga hockey.

“Saya sedang berupaya untuk lebih memperkenalkan secara maksimal olahraga hockey di tanah air khususnya kepada kalangan generasi muda melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah serta memberikan bantuan peralatan olahraga hockey”, kata Banteng Pringgodani kepada sejumlah media pada hari Jumat (12/10/2018) di Jakarta.

Menurutnya, bangsa Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk ke empat terbesar di dunia, sudah seharusnya kaya akan prestasi olahraga, tapi sayangnya prestasi olahraga Indonesia belum maksimal, termasuk di cabang Hockey.

“Meskipun perhatian pemerintah sudah maksimal, namun sayangnya kualitas sumber daya manusia kita masih kurang, tapi kami tak menyerah, kami akan terus memperkenalkan olahraga hockey ini secara maksimal, kepada masyarakat sejak usia dini”, ujar pria kelahiran 30 Mei 1978 ini.

2 dari 3 halaman

Banteng ingin memajukan olahraga hockey yang menjadi salah satu olahraga kebanggaan bangsa ini.

Banteng memang bukan orang baru di dunia hockey, sejak kecil ia sudah diperkenalkan oleh kedua orangtuanya yang merupakan atlet olahraga hockey yang gemilang.

“Olahraga ini sudah mendarah daging dalam diri saya, sulit untuk memisah saya dengan olahraga ini, saya mulai menekuni olahraga hoki sejak kelas 1 sekoah menengah atas, meski begitu saya tak memaksakan anak untuk mengikut jejak saya, tetapi salah satu dari 3 anak saya ada yang mulai mengikuti jejak saya di olahraga ini”, terang suami dari Trini Puspa Lestari ini.

Keinginan mulia dari Banteng Pringgodani, untuk memajukan olahraga hockey yang menjadi salah satu olahraga kebanggaan bangsa ini patut mendapat apresiasi dan dukungan banyak pihak.

“Saya berharap olahraga ini bisa menjadi salah satu cabang olahraga yang menjadi kebanggaan bangsa untuk menggemakan lagu kebangsaan Indonesai Raya berkumandang di berbagai kompetisi dunia”, tandas Banteng.

3 dari 3 halaman

Kedua orang tuanya adalah pemain hockey ketika Banteng masih dalam kandungan usia 3 bulan.

Nama Banteng mulai dikenal secara nasional sejak kelas 2 SMA ketika mampu memecahkan rekor gol tercepat (7 detik) pada Kompetisi Antar Club Hockey DKI Jakarta pada tahun 1997. Ia juga pernah memimpin dua klub hockey di Jakarta dan pernah sukses menggelar Liga Hockey Mahasiswa Piala Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003.

Ia mulai dipercaya menjadi Wakil Ketua Bidang Organisasi Pengda DKI Jakarta Persatuan Hockey Seluruh Indonesia pada tahun 2006 dan kemudian naik menjadi Ketua Pengprov DKI Jakarta pada 2009. Hingga akhirnya dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia hingga sekarang.

Tak hanya itu, berkat ketekunan dalam bekerja, dirinya juga dipercaya menjadi staf ahli Wakil Ketua DPR RI. Prestasi olahraga akan mampu mengharumkan nama negara di dunia internasional. Banyak negara-negara kecil dan miskin mempunyai posisi terhormat di mata dunia karena prestasi olahraga.

Sebagai pelaku olahraga, tentu Ia sangat memahami permasalahan - permasalahan yang menghambat prestasi olahraga. Memperbaiki kebijakan-kebijakan negara tentang olahraga adalah langkah awal untuk memperbaiki prestasi olahraga. Termasuk kebijakan mengenai berbagai liga cabang-cabang olahraga.

Kedua orang tuanya adalah pemain hockey ketika Banteng masih dalam kandungan usia 3 bulan, sang ibu (Tumbu Saraswati) masih bermain dalam timnas Indonesia melawan Australia.

Cita-cita Banteng Pringgodani untuk membangun kebanggaan bangsa melalui prestasi olahraga ini juga merupakan cita-cita seluruh bangsa Indonesia, yang menginginkan lagu Indonesia Raya bergema di seluruh kompetisi-kompetisi dunia.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : octawilly

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya