1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Nama Menpora Malaysia Jadi Tagar di Twitter, Darius Sinathrya dan Arie Kriting Ungkap Kekecewaannya

Penulis : Moana

22 November 2019 11:55

Publik kecewa dengan Menpora Malaysia

Nama Menpora Malaysia, Syed Saddiq menjadi perbincangan hangat di linimasa Twitter. Hal itu merupakan buntut dari viralnya video diduga kekerasan kepada suporter Indonesia.

Bukan hanya itu tagar #shameonyousaddiq pun sempat menjadi trending topik di Twitter. Publik dibuat heboh dengan tanggapan dari Saddiq terkait video kekeran tersebut. Mereka pun mengungkapkan rasa kekecewaannya pada menteri berusia 26 tahun tersebut.

2 dari 8 halaman

Suporter Indonesia jadi korban kekerasan

Bukan hanya netizen Indonesia yang merasa kecewa dengan Saddiq, namun dua pesohor Tanah Air, Darius Sinathrya dan Arie Kriting pun tak tinggal diam tentang video yang viral tersebut. Darius dan Arie nampak ikut gusar dengan kabar yang menyebut bahwa suporter Indonesia mengalami kekerasan.

Seperti ramai dalam pemberitaan, pada saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2020 antara Malaysia dan Indonesia, kedua suporter dua negara ini terlibat kericuhan. Dalam video yang beredar dari pertandingan yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada Selasa (19/11/2019) lalu tersebut, tampak bahwa suporter Indonesia menjadi korban kekerasan. Video yang disertai dengan tulisan bahasa Melayu itu menunjukkan adanya pengeroyokan terhadap orang yang diduga merupakan suporter Indonesia.
3 dari 8 halaman

Darius Sinathrya ungkapkan kekesalannya

Terkait hal tersebut, Darius pun mengungkapkan rasa kesalnya melalui akun Twitter miliknya. Bukan hanya itu, Darius pun menuntut Saddiq untuk segera menyampaikan permintaan maafnya. Bukan hanya itu, melalui cuitannya tersebut, Darius juga menandai akun milik Saddiq sembari memberikan kritikan yang cukup keras.

"Saya menuntut anda @SyedSaddiq minta maaf secara resmi dan terbuka pada korban dan masyarakat Indonesia! Redam bara ini dengan bijak. Acuh sama saja anda membiarkan bara berkobar! Jangan caper jika satu hari kejadian ini berbalik!," tulis Darius.

4 dari 8 halaman

Arie Kriting ungkap kekesalannya

Bukan hanya Darius, Arie Kriting juga mengungkapkan rasa kesalnya pada Menpora yang lahir 6 Desember 1992 tersebut. Seperti Darius, Arie juga ikut menandai akun milik Saddiq. Arie berharap agar Saddiq segera mengambil sikap atas kasus tersebut.

"Pak Menteri @SyedSaddiq mohon sikap dan perhatian untuk kelakuan tidak pantas dari kelompok supporter Malaysia yang melakukan penganiayaan, pemukulan dan pengeroyokan terhadap orang Indonesia di negara anda. Mohon perhatian bung," tulis Arie.

5 dari 8 halaman

Permadi Arya membagikan video pada Syed Saddiq

Derasnya perhatian terkait kasus tersebut akhirnya ditanggapi oleh Saddiq. Hal tersebut setelah Permadi Arya menyampaikan video tersebut melalui Twitter pada Saddiq.

"Minister of Sport @SyedSaddiq, here a video of Indonesian supporters got beaten up by Malaysian after our last match, they even added very insulting caption. Considering how you demanded apology from us the last time, we hope you would return the favor apologize for this (Menteri Olahraga @SyedSaddiq, ini adalah video suporter Indonesia yang dipukuli oleh Malaysia pada pertandingan terakhir, mereka bahkan menambahi video ini dengan caption yang menghina. Mengingat bagaimana Anda menuntut kami meminta maaf pada insiden sebelumnya, kami berharap Anda melakukan hal yang sama terhadap kasus ini)," tulisnya.

6 dari 8 halaman

Tanggapan Syed Saddiq

Unggahan tersebut kemudian dire-tweet lebih dari 6 ribu kali. Cuitan itu pun kemudian mendapatkan tanggapan dari Saddiq. Saddiq pun mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta kepolisian untuk menangani hal tersebut. Saddiq pun berjanji akan menyelesaikan kasus ini secara transparan.

"Saya sudah maklumkan kepada pihak polis untuk siasat. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis. We will ensure that there will be a proper & transparent investigation. Keadilan adalah untuk semua, tidak kira dari Malaysia atau Indonesia (Saya sudah meminta pihak kepolisian untuk mengatasi. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis. Kami pastikan ada pengusutan dan investigasi yang transparan. Keadilan adalah untuk semua, tak hanya Malaysia atau Indonesia)," tulisnya.

7 dari 8 halaman

Darius Sinathrya kecewa dengan sikap Syed Saddiq

Jawaban yang diurai Saddiq itu rupanya langsung dilihat oleh Darius dan Arie. Bukannya merasa puas dengan pernyataan Saddiq, Darius dan Arie justru kecewa. Pasalnya, Darius mengatakan bahwa tak ada permintaan maaf dari Saddiq selaku Menpora terkait hal tersebut. Saking kesalnya, Darius bahkan menyinggung soal pecundang kepada Saddiq. Bukan hanya itu, Darius pun membubuhkan tagar #shameonyousaddiq dalam cuitannya.

"Hanya ini??? Tidak ada kata “maaf” padahal sudah ada bukti dan anda sudah lihat video penganiayaan tsb?!! Pecundang caper!!!#shameonyousaddiq," balas Darius.

8 dari 8 halaman

Arie Kriting bandingkan dengan sikap Menpora Indonesia

Bukan cuma Darius Sinathrya yang tidak puas, Arie Kriting juga tampak kecewa dengan pernyataan Syed Saddiq tersebut.

Arie juga merasakan hal serupa. Bahkan Arie membandingkan sikap Menpora Indonesia yang kala itu dijabat Imam Nahrawi saat menghadapi kasus yang sama. Imam saat itu langsung menemui Saddiq untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Segini saja penyikapannya? Memang kelihatan meremehkan bangsa Indonesia saja mereka ini sih. Giliran jadi korban, minta disikapi sedemikian rupa. Sampai Menpora kita ketemu langsung. Giliran orang kalian yang biadap, cuma suruh orang kita buat laporan. You memalukan lah," cuit Arie.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : moana

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya