1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Penutupan Lapangan Tembak Senayan Disesalkan Ketua YGIE

Penulis : Iwan.S

19 November 2018 00:12

Olahraga menembak merupakan olahraga yang mementingkan kekompakan dan kebersamaan.

Planet Merdeka - Wacana penutupan dan relokasi lapangan tembak Senayan yang memiliki sejarah panjang, sangat di sesalkan masyarakat pencinta olahraga menembak. Aryo Maulana, Ketua Yayasan Generasi Indonesia Emas (YGIE), dirinya sangat menyesalkan penutupan Lapangan Tembak Senayan. Namun, Ia meminta penutupan tersebut dapat dikaji lebih dalam lagi.

"Saya berharap penutupan dan wacana relokasi lapangan tembak Senayan, untuk dikaji mendalam, karena lapangan tembak Senayan memiliki sejarah panjang dan telah melahirkan atlet menembak berskala nasional maupun internasional yang telah menjadi aset bangsa," ujar Aryo saat di temui di Senayan Jakarta Minggu, (18/11/2018).

Aryo mengatakan, olahraga menembak merupakan olahraga paling aman jika dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Olahraga menembak merupakan olahraga yang mementingkan kekompakan dan kebersamaan, serta kekeluargaan. Dikalangan generasi muda olahraga ini kerap sebagai ajang diskusi pencegahan penyalahagunaan narkoba.

"Disini kami bukan hanya sekedar menyalurkan hobby, namun di sisi lain seringnya bertemu, kami melakukan diskusi terutama menyangkut tentang narkoba. Dan olahraga menembak adalah salah satu bentuk menyalurkan hobby dari bentuk penyalahgunaan narkoba,"ungkap Aryo.

2 dari 2 halaman

Olahraga menembak mampu mencegah kalangan anak muda dari penyalahgunaan narkoba.

Aryo menjelaskan, bahwa berdasarkan survey Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia pada tahun 2016, korban penyalahgunaan narkoba di DKI Jakarta sangat tinggi mencapai 500.000 orang dan 20 persennya adalah kalangan pelajar, dan 40 persen kalangan karyawan/produktif dan sisanya dari berbagi kalangan.

"Sangat wajar kalau kalangan anak muda yang produktif, perlu diselamatkan. Jadi jelas, bahwa olahraga, salah satunya olahraga menembak mampu mencegah kalangan anak muda dari penyalahgunaan narkoba. Terlalu kerdil apabila memandang olahraga hanya dari urusan menang dan kalah. Olahraga juga bisa menjadi ujung tombak untuk memerangi narkoba," tegasnya.

Aryo menambahkan, Pemerintah melalui BNN terus menggelorakan dan mengajak masyarakat turut berperan akatif dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melaui berbagai lini, seperti olahraga ini.

"Dengan di tutupnya lapangan Tembak Senayan berarti salah satu ruang lingkup upaya masyarakat mendukung program pemerintah dalam penyalahgunaan dan peredran gelap narkoba di kebiri," ujar Aryo

Sebagai penggiat anti narkoba yang memiliki hobby olahraga menembak, Aryo berharap para pemangku kepentingan untuk dapat mengkaji ulang atas penutupan lapangan tembak Senayan.

"Saya berharap Kapolri dan yang lainnya untuk dapat melihat dari berbagai sudut pandang atas di tutupnya lapangan tembak Senayan, secara organisasi program Perbakin DKI Jakarta akan terganggu, secara ekonomi mereka yang mencari nafkah untuk keluarganya di lingkungan lapangan tembak Senayan tidak produtif lagi dan lapangan tembak di Jakarta masih sangat diperlukan dalam rangka mengisi kegiatan positif di kalangan generasi muda," imbuhnya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : iwan-gondrong

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya