1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Puluhan Ribu Peserta Terdaftar di Turnamen Speed Chess Piala Presiden Esports 2021

Penulis : Rahmad

30 Oktober 2021 04:01

Turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia, berdasarkan jumlah peserta.

Planet Merdeka - Platform mobile e-sports terbesar di Asia Tenggara, Mobile Premier League (MPL), mengumumkan total ada 40.872 peserta terdaftar di mobile e-sports di master Speed Chess MPL di Piala Presiden e-Sports (PPE).

Pencapaian ini mengukuhkan status turnamen Speed Chess yang baru pertama kali digelar di ajang PPE sebagai turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia, berdasarkan jumlah peserta.

MPL membuka registrasi untuk turnamen Speed Chess pada 4 Oktober 2021 di platform MPL dan secara resmi menutup pendaftaran pada 25 Oktober 2021.

Selain menghadirkan jumlah peserta terbanyak, turnamen yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pemain e-sports profesional dan industri esports lokal ini juga merupakan turnamen mobile game catur menawarkan hadiah dengan jumlah terbesar, mencapai total Rp200 juta.

2 dari 3 halaman

40ribu peserta.

Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera menyatakan, jumlah 40.000 peserta yang mendaftarkan diri menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap cabang olahraga catur, serta mobile game berbasis ketangkasan dan turnamen kompetitif yang tersedia setiap harinya di platform MPL.

"Kedepannya, MPL akan memfokuskan upaya kami untuk memberikan pengalaman catur terbaik kepada para pemain di platform MPL saat mereka bersaing untuk memenangkan hadiah dan bagi penerima gelar pemenang turnamen catur online terbesar di Indonesia.” kata Ridzki, Jumat (29/10/2021).
3 dari 3 halaman

Pembinaan dan pengembangan.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Henry Hendratno mengatakan, turnamen mobile game Speed Chess yang digelar MPL dalam Piala Presiden e-Sports 2021 merupakan turnamen mobile game catur terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.

Sebagai organisasi olahraga catur nasional yang mengusung pembinaan serta pengembangan bakat dan kemampuan catur di tanah air, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan MPL untuk lebih mempopulerkan olahraga catur ke anak-anak muda di seluruh Indonesia lewat game Speed Chess di platform MPL.

"Kami berharap turnamen ini selain dapat membantu menumbuhkan olahraga catur di Tanah Air, juga mendukung lahirnya talenta-talenta catur nasional baru,” ujar Henry.

Sejak berdiri, Percasi menurut Henry memiliki komitmen untuk senantiasa mendorong pertumbuhan olahraga catur nasional melalui berbagai inisiatif dan kompetisi, baik di tingkat nasional maupun lokal.

"Dari seluruh turnamen yang selama ini kami selenggarakan, turnamen mobile game Speed Chess merupakan sebuah terobosan baru yang terbukti mampu mengundang minat ribuan orang. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa dalam skala turnamen catur nasional,” ungkap Henry. [*rmd]

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rahmad

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya