1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SPORT

Sederet sosok tak terekspos di balik kesuksesan Asian Games 2018

Penulis : Lumia Ranier JE

4 September 2018 11:25

Asian Games 2018

Pesta olahraga Asian Games 2018 diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018. Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962.


Asian Games 2018 kini telah berakhir. Pada Minggu malam tanggal 2 September 2018 telah diselenggarakan closing ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Acara tersebut berlangsung meriah. Wakil presiden RI, Jusuf Kalla hadir dan membuka rangkaian closing ceremony Asian Games 2018. Deretan artis lokal dan internasional meraimakan event tersebut.

Sebelumnya, Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung pada Sabtu, 18 Agustus 2018 malam. Acara tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dan berlangsung meriah. Penonton di GBK maupun di rumah juga disuguhkan dengan penampilan yang apik dari para pengisi acara tersebut. Mulai dari tarian, nyanyian, permainan alat musik, hingga upacara singkat mengisi kemegahan acara tersebut.

2 dari 7 halaman

Asian Games 2018, Indonesia berhasil finis di urutan ke-4 dengan 98 keping medali

Sebagai tuan rumah Indonesia berhasil berada di urutan 4 klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018. Indonesia berhasil membawa pulang 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Indonesia mengungguli negara-negara Asia Tenggara lainnya yang ikut ambil bagian di Asian Games 2018. Dengan meraih 31 emas, Indonesia melebih target. Sebelumnya Indonesia menargetkan mendapatkan 16 emas. Sumbangan emas terbanyak diraih dari cabang olahraga pencaksilat. Sebanyak 14 berhsil direbut para pesilat tanah air dari 16 nomor yang dipertandingkan.
3 dari 7 halaman

Sosok-sosok tak terekspos di balik kesuksesan Asian Games 2018

Asian Games 2018 tidak bisa berjalan dengan sukses jika tanpa disertai peran banyak orang penting. Bukan Presiden atau pemerintah yang dimaksudkan, tetapi lebih kepada peran penting lainnya saat acara berlangsung. Mereka tentu saja juga berperan sangat penting dalam gelaran acara satu ini. Sosok-sosok yang disebutkan ini telah rela mengorbankan banyak waktu serta biaya untuk menunjukkan citra baik tuan rumah. Ada sebagian besar lainnya yang harus rela kerja lembur demi kesuksesan event.

Melangsir dari Tribun, berikut sosok-sosok tak terekspos di balik kesuksesan Asian Games 2018
4 dari 7 halaman

1. Para panitia di acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018

Jika menilik akun Instagram Creative Director Ceremony Asian Games 2018, yakni Wishnutama. Dirinya sempat membagikan momennya bersama para panitia acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

"Inilah sebagian dari wajah2 orang yg bekerja keras dengan semangat luar biasa dan sepenuh hati dibelakang layar #openingceremonyasiangames2018 . Terima kasih banyak atas sumbangsihnya untuk Indonesia #tetapsemangat #sukseskanasiangames2018 #untukindonesia" Tulis Wishutama sebagai caption postingannya.

5 dari 7 halaman

2. Para pekerja kebersihan

Para pekerja kebersihan ini bertugas untuk mengurusi sampah yang muncul di beberapa venue pertandingan setiap gelaran olahraga Asian Games 2018.
6 dari 7 halaman

3. Petugas-petugas pengantar jemput atlet

___

7 dari 7 halaman

4. Para Volunteer (Relawan)

Para Volunteer merupakan kumpulan orang-orang yang menyerahkan semua dari dirinya untuk Asian Games 2018. Mereka adalah orang-orang yang ada di garda terdepan dari ajang ini. Volunteer (relawan) adalah sosok-sosok yang terbagi dalam hal-hal kecil tetapi punya peranan yang sangat besar. Lewat merekalah aturan dan beragam kebijakan di Asian Games 2018 dapat tersalurkan ke pengunjung.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : lumia-ranier

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya