1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Cara Mengatasi Hp Android Hang Baterai Tanam

Penulis : Rendi Saputra

19 Oktober 2021 12:56

Cara Mengatasi Hp Android Hang Baterai Tanam

Saat ini ada banyak sekali produsen smartphone yang membuat produksi hp terbaru mereka dengan menggunakan sistem baterai tanam atau baterai non removable. Berbeda dengan hp android di zaman dulu yang baterainya bisa dilepas dengan mudah saat ingin mematikan hp secara paksa, sekarang ini sangat sulit untuk bisa melakukannya. Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan menuliskan tentang bagaimana cara mengatasi hp android hang baterai tanam yang mungkin bisa membantu mengatasi permasalahan anda.

HP yang menggunakan sistem baterai tanam tentu saja akan sulit untuk dilepas. Hal ini karena anda harus menggunakan bantuan obeng atau clip ketika ingin membuka dan menggantinya. Selain itu, dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa mencopot baterai. Oleh sebab itu, anda tidak boleh asal-asalan karena bisa membuat hp menjadi rusak.

Cara Mengatasi Hp Android Hang Baterai Tanam


Keunggulan dari baterai tanam di smartphone android adalah bisa meminimalisir terjadinya problem seperti kemasukan air. Hal ini karena tubuh atau body hp dengan baterai tanam menjadi semakin rapat dan juga lebih tipis sehingga akan mudah untuk dikantongi ke dalam saku celana maupun baju.

Selain itu, baterai tanam juga dinilai lebih terjaga apabila ditanamkan langsung ke body hp karena dibuat dari bahan lithium polymer lunak.

Untuk anda yang memiliki smartphone baterai tanam, tentu saja anda harus membekali diri dengan informasi tentang bagaimana sih cara mengatasi hp android hang baterai tanam yang dikutip dari haxina.com dan akan berguna suatu saat nanti.

Menekan Tombol Power Selama Beberapa Waktu


Cara mengatasi hp android hang baterai tanam yang pertama adalah dengan menekan tombol power selama beberapa saat. Dimana saat ini sekitar 80% HP yang dibuat dengan sistem baterai tanam sudah dibekali dengan desain yang sedemikian rupa oleh pabrikan supaya tetap bisa dimatikan secara paksa hanya dengan menekan tombol power saja.

Nah untuk anda yang ingin mengatasi hp hang baterai tanam dengan menekan tombol power, paling tidak anda harus menekan tombol power selama 15 detik. Selanjutnya HP secara otomatis akan mati. Untuk menyalakannya lagi, anda hanya perlu mengaktifkannya dengan menekan tombol power lagi. Cara ini sudah terbukti sangat efektif untuk mengatasi hp android hang yang menggunakan baterai tanam.

Menunggu Hingga Baterai Habis


Selanjutnya anda juga bisa menunggu kapasitas baterai sampai habis sendiri untuk mematikan smartphone android dengan baterai tanam. Ini menjadi cara yang paling sederhana dan paling aman untuk diterapkan. Baru nantinya jika baterai sudah habis, anda hanya perlu menghubungkan hp ke charger dan menyalakannya lagi.

Menekan Tombol Power Dan Volume Bersamaan


Terakhir, cara mengatasi hp android hang baterai tanam adalah dengan cara menekan tombol power dan volume bersamaan. Dengan menekan tombol power bersamaan volume maka secara otomatis hp akan mati dan restart namun masuk ke recovery mode. Nah ketika sudah masuk ke recovery mode, anda hanya perlu melakukan reboot dari recovery mode tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi hp android hang baterai tanam yang bisa anda coba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah pada hp android baterai tanam yang sering mengalami hang maupun stuck. Anda juga bisa membaca buku panduan untuk mendapatkan informasi secara resmi untuk penanganan berbagai masalah yang menimpa smartphone anda.

 

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rendi-saputra

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya