1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Begini Pentingnya Sarapan Sehat Berserat Setiap Pagi

Penulis : Mulyono Sri Hutomo

18 Februari 2021 17:59

Pentingnya sarapan terus dikampanyekan oleh Ikatan Dokter Indonesia, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dan Mayora Nutrition.

Merdeka.com - Sarapan rutin di pagi hari, penting bagi tubuh. Tak hanya sebagai energi untuk kegiatan sampai siang hari, sarapan sehat dengan serat yang cukup berguna untuk meningkatkan asupan nutrisi bagi tubuh.

"Sarapan sehat sebelum pukul 9 pagi sangat penting. Dengan sarapan sehat, membuat kita dapat berkonsentrasi, tidak sakit perut dan memberi tubuh asupan nutrisi yang memperkuat daya tahan tubuh. Juga dengan asupan serat alami yang membantu penyerapan nutris menjadi lebih baik," kata Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS., pada konfrensi pers "Sarapan Kaya Serat Itu Penting" yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (18/2/2021).

Ia menambahkan, sumber asupan serat alami mudah ditemukan pada kehidupan sehari-hari seperti biji-bijian, beras, jagung, kacang-kacangan, gandum dan kepingan gandum, aneka sayur dan aneka buah.

"Untuk anak-anak pada masa pertumbuhan, kebutuhuhan seratnya sekitar 18 sampai 26 gram sehari. Bila mengkonsumsi 6 sampai 8 gram saat sarapan saat pagi, maka sepertiganya tercukupi saat sarapan," ujar Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS.

Namun, ahli gizi ini mengingatkan makan nasi tiap hari bukan berarti kecukupan serat alami terpenuhi. "Tubuh kita sekarang sulit mendapat serat dari nasi, karena dalam prosesnya berasi disosoh dengan mesin bukan ditumbuk lagi," imbuhnya.

Pentingnya sarapan, khususnya bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan terus dikampanyekan oleh Ikatan Dokter Indonesia, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dan Mayora Nutrition.

"Kami terus memberi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sarapan bagi tubuh. Sebelum pandemi misalnya, kami mendatangi sekolah-sekolah. Tak hanya untuk anak-anaknya, tetapi juga untuk orang tua murid tentang pentingnya sarapan," kata Sr. Brand Manager Energen, Cynthia Ruslan.

"Sarapan yang sehat, bergizi dan kaya serat penting bagi tubuh. Dengan sarapan yang baik, akan menjadi sumber energi sehari-hari," ujar Cynthia Ruslan.

Pentingnya sarapan sehat yang kaya serat juga diungkapkan oleh Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia, dr. Daeng M. Faqih, SH, MH,. Hadir sebagai pembicara, dr. Daeng M. Faqih, menjelaskan dari sisi medisnya pentingya sarapan sehat yang berserat cukup.

"Serat jelas punya peran penting bagi tubuh.Kekuarangan serat, tak hanya sembelit yang dipahami oleh awam, tetapi berdampak juga kurangnya serapan nutrisi bagi tubuh. Sumber serat alami pada kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai banyak terdapat di biji-bijian, beras, jagung, kacang-kacangan, gandum dan kepingan gandum, aneka sayur dan aneka buah," ujarnya.

Konfrensi pers "Sarapan Kaya Serat Itu Penting" merupakan acara yang digelar Mayora Nutrition bekerjasama dengan Pergizi dan IDI, untuk memperingati Pekan Sarapan Nasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14-20 Februari dan Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : mulyono-sri-hutomo

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya