1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Aplikasi BisaCPNS Bantu Peserta Hadapi Tes CPNS

Penulis : Rahmad

3 Juni 2021 00:14

Aplikasi ini memberi kemudahan bagi CPNS untuk simulasi

Planet Merdeka - Peluang untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau aparatur sipil negara (ASN) sangat sedikit. Hal tersebut dikarenakan banyaknya persaingan dari seluruh provinsi.

Untuk bisa lolos tidak ada salahnya CPNS terus mengasah kemampuannya sebelum menjalani tes.

Salah satu cara yang patut dicoba buat para CPNS adalah mengasah kemampuan di bisacpns.com (http:// bisacpns.com).

Dalam web aplikasi ini terdapat beragam materi yang sudah berbasis CAT (Computer Assisted Test). Materi yang diberikan pada aplikasi ini sesuai dengan passing grade yang mengacu pada aturan pemerintah terbaru.

Aplikasi ini memberi kemudahan bagi CPNS untuk simulasi, pembahasan soal, try out, diskusi, tips dan trik serta adanya forum diskusi khusus yang menghubungkan antara calon satu dengan lainnya dalam memecahkan persoalan atau hanya sekadar menjawab pertanyaan.

"Sekarang ada fitur baru seperti ranking yang merupakan inovasi baru untuk mengukur kemampuan para calon PNS, untuk mendapatkan pengalaman berkompetisi dengan ribuan calon CPNS lainnya. Dukungan terhadap sistem ini 24 jam, dengan pelayanan dan juga tenaga pengajar yang berkualitas," tulis Bisacpns dalam siaran pers, Rabu (02/06/2021).

BisaCPNS merupakan bimbingan secara online yang merupakan web based atau E-Learning. Dapat dikerjakan melalui PC/Laptop atau smartphone yang menggunakan sistem track-integration. Setiap soal akan langsung menampilkan jawaban.

Disamping tes personal, web aplikasi ini juga mengadakan tryout akbar yang diadakan dua kali dalam setiap bulan. Hal ini tentunya akan memberikan kesan yang berbeda saat mengerjakan soal secara online dan seperti saat melakukan ujian yang real.

Aplikasi ini tersedia untuk memenuhi tingginya peminat untuk menjadi PNS.

2 dari 2 halaman

3 materi yang diujikan

Tampilan Web Aplikasi BisaCPNS.com (Foto: BisaCPNS.com)

Berdasarkan data yang di peroleh dari Badan Kepegawaian Negara, jumlah PNS berstatus aktif pada 30 Juni 2020 adalah 4.121.176, atau mengalami penurunan 1,62% dibandingkan dengan 31 Desember 2019.

Namun, pada tahun ini pengangkatan CPNS 5 tahun terakhir tak menutupi jumlah PNS yang masuk usia pensiun.

Pada tahun ini, 2021 ditengah pandemik Covid 19, kebutuhan ASN mencapai 1.275.384 orang. Jumlah itu terbagi atas atas beberapa jenis, yaitu intansi pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi pemerintah daerah sebanyak 1.191.718.

Selain menyiapkan dokumen pendaftaran, memiliki tingkat intelensi yang tinggi juga diperlukan perilaku yang baik. Dalam persiapan tersebut, dari sisi intelensi, tentu sekali setiap Calon PNS haruslah menjawab dengan benar materi yang akan di ujikan.

Materi yang akan di ujikan ada 3 hal yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), hingga tes karakteristik pribadi (TKP). [*rmd]


  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rahmad

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya