1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET

Digital Music Distribution, Platform Distribusi Musik Terbaik 2022

Penulis : Andriani S

1 Juli 2022 23:22

Digital music distributions, merupakan platform terbaik di tahun 2022 dalam mendistribusikan musik. Dalam sepuluh tahun terakhir ini, pembuatan musik yang melibatkan media nyata dan adanya pasokan fisik.
Sekarang dapat diupload dan didistribusikan oleh berbagai macam platform musik sederhana. Aktivitas dalam mempromosikan tetap berjalan, namun aktivitas distribusi digital dapat dengan mudah dilakukan oleh platform digital.

Digital Music Distribution, Server Promosi Musik

Layanan untuk mendistribusikan musik, dapat membantu dalam mempromosikan musik di semua platform. Asyiknya lagi musik Anda akan berada di streaming utama.
Mulailah mempromosikan musik ke semua platform agar didengar oleh banyak penonton. Dengan demikian, musik Anda akan semakin populer. Lantas platform apa sajakah yang dapat mewujudkan keinginan tersebut?

1. Platform Musik CD Baby

Digital music Distribution yang pertama adalah CD baby, merupakan platform yang sangat populer. Terdapat sebuah fitur layanan bernama a la carte, dimana akan dikenakan tarif sesuai dengan kebutuhan.
Tarif akan mahal, jika Anda menggunakan semua fasilitas yang ditawarkan. Sebab, terdapat biaya tahunan untuk para member yang telah mengakses semua fitur di platform tersebut. Oleh sebab itu, sebagai member perlu berhati-hati.

2. Platform Digital Ditto Music

Platform selanjutnya adalah Ditto Music, adalah platform yang sangat ramah kantong. Layanan terbaik akan dihadirkan jika member sering menggunakannya.
Namun, akan sangat lambat pelayanannya jika member mengaksesnya seperlunya. Fitur yang tersemat pada platform, yaitu manajemen artis dan distributor musik.

3. Platform Musik Distroki

Platform yang sangat membantu dalam mendistribusikan musik. Artis atau pengguna dapat mengupload musik ciptaan mereka dan dapat dijual via online.
Platform yang sangat menguntungkan para artis yang telah mengupload. Layanan yang mampu menghadirkan berbagai macam fasilitas, yaitu :
● Mengunggah lagu dalam jumlah sangat terbatas.
● Menciptakan sampul.
● Serta dapat memasang tarif untuk lagu ysng telsh diciptakan.
● Tersedia adanya tautan khusus dalam mengiklankan musik via media sosial dan email.
● Dapatkan menciptakan URL khusus pada beranda mereka pada website Distrokid.
● Terdapat berbagai macam server bahasa( Italia, Inggris, Jerman, Portugis, Jepang dan Spanyol).

4. Platform Youtube

Platform youtube tidak hanya berpusat audio visual. Akan tetapi, musisi Indie juga dapat mencoba keuntungan di dunia musik.
Platform YouTube dapat membantu musisi Indie untuk upload ciptaan mereka. Platform gratis yang dapat diakses semua kalangan dan dapat digunakan untuk merintis usaha.
Namun, dalam youtube member yang mengunggah video lagu tidak dapat menerima fee. Member harus sering membuat konten yang menarik agar banyak yang follow. Dengan demikian, Anda akan disebut sebagai youtuber.

5. Platform SoundCloud.com

Platform yang dapat diajak kerjasama untuk aliran musik indie, yaitu Soundcloud. Platform digital musik yang merupakan saingan dari Spotify.
Namun, semenjak Spotify mengeluarkan peraturan baru mengenai ciptaan independent, akhirnya banyak yang beralih ke Soundcloud. Sebab, platform yang ramah untuk para pengguna yang ingin merintis musik sebagai musisi pemula.
Fitur yang handal dalam mengedit lagu secara detail. Dengan demikian, lagu ciptaan Anda dapat di upload ke instastory.
5. Platform Musik JOOX.com
Platform saingan Spotify berikutnya adalah Joox. Solusi bagi member yang ingin mempunyai banyak penggemar.
Fitur yang terdapat pada Joox sangat bervariasi. Salah satu fitur tersebut, yaitu pengguna dapat unggah video musik berbentuk karaoke.

6. Platform Musik Netrilis.com

Platform digital lokal besutan dari Indonesia yang mempunyai headquarter di kota Yogyakarta. Fasilitas yang disuguhkan adalah jadwal rilis, distribusi sampai fee dari hasil musik Anda. Namun, sayangnya fitur tersebut adalah layanan berbayar.
Platform streaming karya anak bangsa yang dapat membantu dalam distribusi karya. Tentunya hal ini, akan sangat membantu bagi para musisi pemula yang ingin merintis karir.

7. Platform Musik GTunes.co.id

Platform
besutan dari ciptaan anak bangsa yang sangat keren untuk distribusikan hasil karya musik. Fitur ini lebih terpusat pada konten streaming yang bergenre music indie.
Gtunes adalah salah satu platform yang bermitra dengan Asosiasi Komunitas Indie Nasional. Dimana komunitas ini, merupakan media bagi musisi band Indie menyalurkan hasil karya.
Platform ramah kantong yang perlu di coba oleh musisi indie yang ingin karya populer. Nah, apakah Anda adalah salah satu musisi Indie yang sedang merintis karier?

Digital music distribution adalah platform yang sangat membantu musisi atau artis pemula dalam mempromosikan karya seninya. Dengan menggunakan platform ini, akan membuat musik ciptaannya menjadi populer dan mempunyai banyak penggemar.
Anda tidak perlu khawatir mengenai tarif, sebab terdapat fasilitas yang sangat terjangkau dan bahkan terbilang gratis. Apakah Anda ingin mencoba untuk mempromosikan karya Anda? Cukup dengan mengunggah video musik yang telah Anda ciptakan, maka karya akan menjadi trending.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : andriani-s

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya