1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET

Efektivitas Media Pembelajaran Melalui Quiziz di Era Digital

Penulis : Sri Tika Mulyani

28 Maret 2022 18:44

Efektivitas Media Pembelajaran Melalui Quiziz di Era Digital

Pada masa pandemi covid-19 telah menimbulkan dampak yang sangat luar biasa terutama di bidang Pendidikan. Adanya covid-19 ini mengakibatkan pembelajaran di Indonesia mengalami peralihan yaitu dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online, dimana hal ini antara guru dan siswa harus bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Dapat kita perhatikan juga bahwasanya ilmu pengetahuan berkembang mengikuti perkembangan zamannya. Sebagai seorang pendidik harus bisa memiliki strategi pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya agar tercipta pembelajaran yang efektif.

Pembelajaran efektif menurut Hamalik (2001) dapat didefinisikan bahwa pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar. Penyediaan belajar sendiri dan memberikan kebebasan pada siswa diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep yang sedang di pelajari.

Dalam kondisi saat ini pendidik dituntut untuk mampu menyampaikan materi pelajaran secara online dengan berbagai cara dan berbagai jenis alat bantu. Pendidik juga harus mampu menyajikan materi pelajaran dengan baik dan membantu peserta didik untuk memahaminya. Selain itu, pendidik dipaksa untuk “melek teknologi” khususnya pendidik yang selama ini tidak terlalu mengikuti perkembangan teknologi.

Jika saat pembelajaran tatap muka pendidik dapat menggunakan buku, slide presentasi menggunakan LCD proyektor, atau papan tulis maka pada saat pembelajaran online pendidik dituntut untuk menyajikan materi secara online dengan berbagai bantuan aplikasi yang tersedia di internet. Begitu pula dengan proses evaluasi pembelajaran yang dituntut menggunakan TIK seperti menggunakan google drive, google form, classroom, Edmodo, Quiziz, dan lainnya. Pendidik dituntut untuk memindahkan segala proses yang berlangsung di kelas ke dalam ruang virtual melalui bantuan jaringan internet.

Pada era digital sekarang ini telah tersedia berbagai media-media pembelajaran yang dapat mengatasi beberapa permasalahan yang selalu terjadi dalam proses belajar mengajar. Salah satunya media pembelajaran berbasis aplikasi Quiziz. Dengan adanya aplikasi quiziz ini diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Aplikasi quiziz ini dianggap efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena game ini dapat menimbulkan semangat, kegembiraan dan keaktifan, sehingga minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkembang.

Aplikasi Quiziz ini menjadi salah satu cara memberikan pengalaman belajar yang mampu meningkatkan keikutsertaan kolaborasi siswa dalam pembelajaran. Dalam hal ini akan dibahas mengenai aplikasi pembelajaran Quiziz yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa sebagai media pembelajaran atau sebagai alat evaluasi pembelajaran. Quiziz merupakan salah satu website Pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan materi secara naratif dan fleksibel dan dimanfaatkan untuk media evaluasi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Quiziz mudah diakses oleh pendidik maupun peserta didik sehingga cocok digunakan pada pembelajaran khususnya pembelajaran online.

Quiziz merupakan aplikasi Pendidikan berbasis game, yang digunakan untuk membuat permainan kuis interaktif dalam pembelajaran di kelas. Implementasi menggunakan aplikasi Quiziz siswa dapat melakukan Latihan di dalam kelas maupun di luar kelas pada perangkat elektronik. Aplikasi Quiziz juga memiliki karakteristik misalnya tema, meme, avatar, dan musik menghibur dalam proses pembelajaran. Quiziz juga memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan memotivasi siswa untuk belajar, sehingga hasil belajar bisa meningkat.

Quiziz akan menyajikan materi pelajaran dalam bentuk game secara online sehingga peserta didik akan lebih tertarik. Game online yang edukatif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif atau cara menyampaikan materi kepada peserta didik sehingga nantinya dapat memotivasi dan menarik minat peserta didik serta mengasah kerja otak dan manajemen waktu peserta didik. Dengan demikian, pendidik dapat memberikan media pembelajaran yang interaktif dan melakukan evaluasi pembelajaran secara bersamaan terhadap peserta didik.

Untuk itu pendidik maupun peserta didik harus mempelajari game Quiziz ini agar dapat lebih memahami penggunaan Quiziz dan menghasilkan media pembelajaran dengan memanfaatkan Quiziz. Adapun Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan Quiziz yaitu :
  1. Masuk ke www.quizizz.com lalu sign up.
  2. Untuk memudahkan bisa menggunakan akun google.
  3. Pilih peran, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya.
  4. Lengkapi data pribadi.
  5. Isikan info kuis.
  6. Lengkapi modul-modul misalnya pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar.
  7. “Question preview”’ akan menampilkan soal yang telah dibuat. Tambah pertanyaan baru klik selesai bila sudah selesai.
  8. Tahap akhir, pilih grade atau tingkatan, mata pelajaran. Klik selesai dan buat kuis.
  9. Tampilan kuis secara langsung atau untuk PR.
  10. Setting kuis, lalu klik proceed.
  11. Minta siswa untuk membuka join.quizizz.com, dan bagikan kode ke siswa melalui whatsapp grup, google classroom dan sebagainya.
Demikian cara dalam menggunakan aplikasi Quiziz sebagai media pembelajaran. Selain itu aplikasi Quiziz juga tentu mempunyai beberapa kelebihan yang tentu dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran :
  1. Bagi Pendidikan, memudahkan dalam membuat soal.
  2. Ketika siswa menjawab soal dengan benar, setelah itu akan muncul poin yang didapatkan dalam satu soal, dan juga mendapatkan ranking berapa dalam menjawab soal tersebut.
  3. Bilamana siswa menjawab soal tersebut salah, maka akan muncul jawaban yang benar, untuk koreksi mandiri bagi siswa.
  4. Ketika telah dinyatakan selesai mengerjakan soal, pada sesi akhir sebelumnya akan ditampilkan review question untuk mencermati Kembali jawaban yang telah dipilih.
  5. Dalam mengerjakan soal, setiap siswa mendapatkan soal yang berbeda-beda, karena telah di acak secara otomatis, sehingga meminimalisir kecurangan.
Disamping adanya kelebihan tentunya pasti ada kekurangan dari aplikasi Quiziz sebagai media pembelajaran, sebagai berikut :
  1. Jaringan sewaktu-waktu bisa bermasalah.
  2. Ketika mengerjakan, siswa dapat membuka tab baru, itu berarti siswa bisa masuk dengan mudah menggunakan lain untuk menemukan jawaban.
  3. Dalam permasalahan waktu, siswa yang mulanya bisa mendapatkan peringkat atas, memiliki kemungkinan penurunan peringkat, dikarenakan manajemen waktu yang kurang tepat.
  4. Akan menjadi permasalahan tambahan, bila siswa terlambat bergabung.
Itulah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi Quiziz yang digunakan sebagai media pembelajaran. Quiziz juga dapat digunakan oleh para pendidik untuk melihat sejauh mana siswa dalam belajar. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaian menjadikan aplikasi ini layak digunakan sebagai aplikasi pembelajaran yang mendukung pada masa sekarang ini, sehingga siswa memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar. Pendidik yang mengajar pasti memiliki bank soal. Sehingga Quiziz ini dapat digunakan sebagai sarana menyimpan soal dan untuk kemudian dianalisis soal tersebut sehingga mampu menjadi soal yang valid dan memiliki daya beda serta tingkat kesukaran yang baik supaya pembelajaran lebih menyenangkan. Selain itu juga aplikasi Quiziz sangatmendukung dalam mensukseskan proses pembelajaran di berbagai jenjang dan mata pelajaran.

Pengembangan dan pemanfaatan suatu media pembelajaran sangat diperlukan untuk melengkapi hal-hal yang masih belum lengkap Ketika membuat dan memanfaatkan aplikasi, karena terkait kebutuhan peserta didik. Pengembangan dan inovasi dari media pembelajaran membantu mengakomodir pembelajaran, hingga kemudian mampu membentuk karakteristik dan meningkatkan kompetensi serta motivasi dalam belajar. Oleh karena itu pengembangan terhadap media pembelajaran itu perlu dilakukan, untuk dapat mewujudkan Pendidikan yang kaya akan progress serta kemajuan.

Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Quiziz ini menjadi suatu cara yang efektif dalam pembelajaran di era digital ini karena dapat digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran dan memberikan manfaat yaitu penyampaian materi secara fleksibel dan interaktif, selain itu juga membantu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik khususnya pada pembelajaran secara offline maupun online.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : sri-tika-mulyani

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya