1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET

Kemudahan Digital Marketing di Era Milenial

Penulis : Resti Yuliana

3 Desember 2022 22:02

Digital marketing adalah salah satu bentuk kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan berbagai media sosial dan jaringan internet. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai online marketing karena dilakukan secara online. Di era milenial sekarang ini, digital marketing sedang banyak digandrungi oleh masyarakat karena memberikan begitu banyak kemudahan dan manfaat dalam memasarkan produk. Banyaknya peminat pemasaran digital ini membuat marketing dengan cara tradisional pun ditinggalkan. Apalagi, semakin berkembangnya teknologi dan jaringan internet yang semakin luas, membawa perkembangan baik terhadap digital marketing yang semakin mudah diakses di mana saja.

Konsep dasar digital marketing didasarkan pada pendekatan inbound marketing atau lebih umum dikenal dengan pendekatan pusat pelanggan. Inbound marketing memasarkan bisnisnya berupa produk atau jasa melalui berbagai macam media yang berfungsi untuk menarik minat dan perhatian masyarakat sebagai pelanggan melalui tahapan saluran pembelian.

Lalu, apa saja kemudahan yang didapat dari penggunaan digital marketing sebagai media pemasaran?
Mari kita simak berbagai kemudahan dari penggunaan digital marketing berikut ini.

Menghemat biaya
Pemasaran melalui digital lebih sedikit menelan biaya jika dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Namun, perlu diperhatikan bahwa sebelum melakukan pemasaran digital, pelaku bisnis harus membuat rencana yang baik seperti menentukan target konsumen yang potensial dan memilih media yang tepat. Jika salah menarget konsumen atau memilih media yang tidak tepat, justru akan berimbas pada pengorbanan biaya yang banyak yang tidak sebanding dengan manfaat atau keuntungan penjualan yang didapat. Alih-alih menghemat biaya, malah akan mendatangkan kerugian.

Aktivitas tak terbatas
Konsumen bebas kapan saja untuk mengakses, menjelajah dan scroll produk atau layanan yang ditampilkan pada halaman web tanpa harus risau akan batasan waktu. Berbeda dengan toko yang memiliki jam operasional, sistem digital marketing menawarkan kemudahan untuk dapat di akses kapan saja dengan hanya memanfaatkan jaringan internet. Hal ini tentu membuat konsumen puas dan bebas karena memiliki banyak waktu untuk dapat mengakses berbagai produk yang di minatinya.

Pendekatan hubungan dengan konsumen
Hubungan antara konsumen dan perusahaan merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Karena hal tersebut berpengaruh pada kesuksesan dan keberlanjutan bisnis. Digital marketing memudahkan pendekatan hubungan dengan konsumen. Para pelaku bisnis atau pihak perusahaan dapat mengirimkan pesan melalui email dan juga dapat membalas dari ulasan yang diberikan konsumen sehingga membawa pelaku bisnis lebih dekat dengan para konsumen. Digital marketing juga memberikan kebebasan konsumen untuk mengekspresikan pendapat mereka atas produk atau layanan yang diberikan.

Adaptable
Digital marketing adalah media yang mudah beradaptasi atas perubahan-perubahan yang mungkin terjadi. Misalnya, content yang disajikan minggu ini berhasil menarik minat dan perhatian konsumen dengan umpan balik mereka, maka pelaku bisnis dapat membuat content serupa atau dengan menambah sedikit hal-hal menarik selanjutnya untuk tetap dapat mempertahankan eksistensinya. Atau sebaliknya, content yang disajikan ternyata kurang disukai konsumen, maka pelaku bisnis harus berinovasi mencari ide kreatif lain untuk memperbaruiĀ content yang mampu menarik minat konsumen. Para pelaku bisnis dapat mencari tau hal apa yang sedang trending dan banyak diminati oleh konsumen.

Sistem penjualan cepat dan mendatangkan profit dalam waktu singkat
Konsumen yang telah ditargetkan dapat melakukan pembelian atas produk atau layanan yang ditawarkan pelaku bisnis tanpa harus mendatangi toko atau gerai fisik secara langsung. Mereka dapat melakukan pembelian dengan hanya mengunjungi halaman web atau media online dan melakukan pembayaran secara mudah dengan beberapa pilihan yang tersedia tergantung preferensi masing-masing. Selanjutnya, mereka hanya tinggal duduk manis di rumah menunggu barang yang dibeli datang. Kemudahan bertransaksi secara online tentu memungkinkan akan memberikan keuntungan yang banyak dalam waktu singkat kepada para pelaku bisnis.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : resti-yuliana

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya