1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Tips Memaksimalkan Performa iPhone Lama

Penulis : Dadang Nur

4 Februari 2021 21:55

Setiap tahunnya iPhone selalu merilis seri terbarunya. Pastinya untuk iPhone generasi paling baru menawarkan harga yang jauh lebih mahal dari sebelumnya. Biasanya para pecinta iPhone yang mempunyai budget terbatas menunggu harga perangkat iOS tersebut lebih murah atau memilih membeli yang bekas, bahkan tak sedikit juga yang menggunakan iPhone seri lama.

Apabila kamu belum merasa perlu mengganti iPhone dengan seri terbaru, kamu tak usah khawatir karena kamu masih dapat melakukan perubahan terhadap iPhone supaya performanya tidak kalah hebat dari seri terbarunya. Berikut ini tips tips untuk memaksimalkan performa iPhone lama, yang dirangkum belajarinfo melalui berbagai sumber:

1. Menghapus aplikasi yang tidak dipakai
Menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan bisa menjadi langkah pertama untuk meningkatkan performa iPhone. Dari semua aplikasi yang cukup sering digunakan, terdapat beberapa yang mempunyai banyak data yang sebenarnya tidak diperlukan. Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling sering digunakan, kamu bisa membuka tab penggunaan (usage) dalam pengaturan umum atau general settings.
Biasanya akan tampak jelas bahwa aplikasi musik, foto dan podcast banyak ruang penyimpanan. Tapi penyimpanan lebih sering menghabiskan oleh aplikasi media sosial seperti Facebook Instagram dan Twitter. Seperti halnya perangkat lain, iPhone juga secara otomatis akan melakukan pembersihan itu cache dari sebuah aplikasi dihapus.
Selain itu kamu juga bisa melakukan membersihkan data yang tidak dibutuhkan proaktif. Dengan kamu menghapus setelah itu memasang aplikasi bisa membuat iPhone kembali bersih dan mengosongkan ruang penyimpanan.

2. Mengurangi fitur animasi iOS
Versi terbaru yang dikeluarkan oleh iOS mempunyai sejumlah fitur menarik seperti parallax. Yang bisa membuat pergeseran atau belakang HP iPhone ketika kamu menggerakkannya. Tapi sayangnya fitur estetika ini sebenarnya tidak terlalu berguna. Jadi dengan mematikan fitur-fitur tersebut bisa membebaskan daya pemrosesan serta memperpanjang daya baterai.
Caranya yaitu dengan pergi ke panel aksesibilitas di bagian pengaturan umum, kemudian pilih "kurangi pergerakan" atau "reduce motion". Pada menu yang sama, terdapat pilihan yaitu "tingkatkan kontras" atau "Increase Contrast" yang dapat membawa kamu ke beberapa pilihan pengaturan grafis.

3. Membersihkan video dan foto
Kebanyakan wanita suka mengambil foto dan video mengenai apa saja yang ia lakukan dan sedang berada di mana saja untuk mempostingnya di media sosial. Fitur kamera pada iPhone dapat diandalkan dalam kegiatan seperti itu karena mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kelebihannya adalah menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang ditangkapnya namun yang menjadi kelemahan yaitu karena kualitas tinggi itulah dapat memenuhi Hard Drive secara cepat. Untuk itulah kamu perlu rajin melakukan back up video dan foto, kemudian kamu juga harus menghapus foto dan video yang tidak diperlukan dari iPhone, terutama video karena bisa memakan banyak ruang.

4. Non aktifkan layanan lokasi
Walaupun kamu dapat mengaktifkan fitur geotag pada kicauan di platform Twitter, dengan menonaktifkan akses GPS untuk sebagian besar aplikasi bisa membantu perangkat iPhone menyimpan daya baterai serta kecepatan iPhone kamu. Pada menu iPhone, Location Service atau layanan lokasi bisa dijumpai di pengaturan privasi. Kamu juga bisa memilih aplikasi mana yang sekiranya menggunakan GPS dan seberapa sering aplikasi tersebut digunakan. Fungsi GPS yaitu untuk peta, aplikasi cuaca, serta aplikasi berbasis lokasi seperti Yelp. Tetapi kamu mungkin tidak harus mengizinkan Dropbox untuk mengetahui Anda sedang berada di mana saja.
Demikianlah beberapa tips untuk memaksimalkan performa iPhone lama. Semoga bermanfaat!

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : dadang-nur

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya